Hari ni Mensos Luncurkan E-Warung di Padang

id Mensos, Khofifah Indar Parawansa, e-warung

Padang, (Antara Sumbar) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan meluncurkan layanan warung nontunai atau e-warung kepada warga Padang, Sumatera Barat, Jumat (5/7).

"Peluncuran tersebut diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB di Kecamatan Koto Tangah, Padang," kata Humas Pemerintah Kota Padang, Mursalim Nafis di Padang, Kamis (4/8/2016).

Peluncuran itu bertujuan untuk mensosialisasikan program dari pemeritah pusat dengan salah satu bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna membantu masyarakat miskin di Padang.

E-warung merupakan sistem penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI melalui Bank BNI untuk mencegah tindakan pemotongan saat penyaluran bantuan dari pemerintah.

Penyaluran bantuan dilakukan langsung melalui transfer ke rekening penerima bantuan dan pengguna kartu BISA dari BNI dapat dijadikan tabungan dan alat transaksi nontunai.

Diharapkan E-warung tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu dalam membeli kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, Menteri Khofifah Indar Parawansa tengah menghadiri Jambore Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Barat di Kota Sawahlunto, Sumbar.

Sebelumnya, Mensos telah meluncurkan e-Warung di beberapa daerah di Indonesia, seperti Kota Mojokerto dan Kota Malang di Provinsi Jawa Timur.

Menurut Khofifah, layanan yang bersifat digital tersebut membuat peserta Program Keluarga Harapan tidak perlu mengantre lama di kantor pos untuk mencairkan bantuan.

"Uang dalam e-warung tersebut tidak bisa diuangkan secara tunai, tapi bisa diganti dengan beras dengan berbagai kualitas atau gula, minyak goreng dan tepung di e-warung," katanya saat meluncurkan e-warung di Mojokerto, Sabtu (30/7). (*)