Wabup Minta Perhiptani Tanah Datar Bekerja Profesional

id Perhiptani, tanah datar, bekerja, profesional

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma meminta pengurus dan anggota Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) setempat untuk bekerja profesional dan mendukung program pemerintah.

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Perhiptani karena sangat membantu mewujudkan program pemerintah," katanya saat membuka Musyawarah Daerah Perhiptani I di Pagaruyung, Rabu.

Ia menyebut penyuluh pertanian sebagai ujung tombak suksesnya program ketahanan pangan harus menunjukkan profesionalismenya sebagai wujud tanggung jawab profesi yang disandangnya.

Ia menambahkan bahwa negeri ini tengah dihadapkan dengan permasalahan ketahanan pangan sehingga diharapkan dengan adanya penyuluhan dapat membantu mewujudkan masyarakat swasembada pangan pada 2017.

Para petani tidak perlu kuatir dalam persoalan ini karena pemerintah telah mengeluarkan beberapa peraturan yang dapat menguatkan kerja petani, ujarnya.

Sementara Ketua Perhiptani Tanah Datar hasil Musda, Rumsyah menjelaskan pihaknya siap membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif dan mampu mengembangkan teknologi untuk mewujudkan petani yang sejahtera.

"Diharapkan peserta Musda yang hadir sekitar 150 orang ini mampu mengembangkan profesionalisme penyuluh dalam membantu pemerintah untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pertanian," katanya.

Ia meminta jajaran pengurus masa bakti 2016 sampai 2021 mendukung upaya pembangunan pertanian khususnya peningkatan ketahanan pangan di masa mendatang serta kebijakan pemerintah daerah. (*)