Kecamatan Kubung Juara Umum MTQ Solok

id juara, umum, MTQ, solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Kafilah Kecamatan Kubung tampil sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke - 37 Tingkat Kabupaten Solok, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar pada 28 Juli dan berakhir Minggu (31/07) malam di Kompleks Pasar Talang Nagari Talang.

Tropi Juara Umum diserahkan Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, kepada Camat Kubung Feri Hendria didampingi Kepala Urusan Agama (KUA) setempat Zulfatmai, pada acara penutupan MTQ yang berlangsung meriah kendati lokasi acara dihuyur rintik hujan gerimis.

"Berkat semangat persatuan dan kesatuan seluruh anggota kontingen dan penampilan terbaik yang ditunjukan seluruh Qori dan Qoriah yang turun di sebelas cabang lomba akhirnya Kubung bisa menjadi yang terbaik," kata Camat Kubung Feri Hendria di Kantor Camat didaerah Selayo, Senin.

Ia menyebutkan, pada MTQ tingkat Kabupaten Solok yang diikuti 14 kecamatan itu, Kafilah Kecamatan Kubung dengan kekuatan 50 orang kafilah, berhasil tampil sebagai juara di sejumlah cabang dari sebelas cabang yang dipertandingkan dengan memperoleh nilai tertinggi 91.

Diposisi kedua kata dia, ditempati Kecamatan X Koto Singkarak dengan nilai 89 dan posisi ketiga Kecamatan Gunung Talang dengan 61 poin.

" Dari 50 orang Kafilah kontingen Kecamatan Kubung yang diturunkan, hanya delapan orang yang tidak mendapatkan gelar juara disebelas cabang yang dipertandingkan " katanya.

Kontingen Kecamatan Kubung kata Feri Hendria, berhasil meraih dan merebut predikat Juara Umum MTQ Kabupaten Solok, dari Kecamatan Gunung Talang yang pada pelaksanaan MTQ dua tahun lalu di Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti tampil sebagai Juara.

Usai menerima tropi juara Umum MTQ dari Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin kata dia, seluruh anggota Kafilah termasuk pelatih dan oficial dijamu makan malam oleh Camat dan KUA Kubung, selain diberi uang saku selama pelaksanaan MTQ di Kecamatan Gunung Talang itu.

Feri yang juga pernah menjadi Camat Teladan di Kabupaten Solok itu mengatakan, dengan hasil menjadi Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Solok ke 37 pada Tahun 2016, maka Kecamatan Kubung berhasil menyandingkan dua gelar Juara Umum bergengsi kewilayah Kecamatan berpenduduk 57.822 jiwa tersebar di delapan nagari dengan 38 Jorong dan luas wilayah 192 km persegi dan motto Kubung Responsif. Respon, Potensi, Inovatif.

"Sebelumnya Kecamatan Kubung juga berhasil meraih preikat Juara Umum Jambore PKK Tingkat Kabupaten Solok yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kampus UMMY Koto Baru pada Juni lalu," kataya. (*)