Legislator Tanah Datar Dukung Program Kampung Minang Sumpur

id Program, Kampung, Minang, Sumpur

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Anggota DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat, Afrizal Moetwa mendukung program Kampung Minang Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan.

Kami mendukung program Kampung Minang Nagari Sumpur untuk membangkitkan kembali tradisi adat dan seni budaya lokal sehingga mampu menggairahkan sektor pariwisata di Tanah Datar," katanya di Batusangkar, Senin.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini mengharapkan anak nagari bersama para perantau Sumpur dapat bahu membahu membangun kampung halaman.

Dewan menyambut baik niat masyarakat bersama perantau untuk merajut masa depan Nagari Sumpur, ini perlu kebersamaan dan kerja keras kita semua tanpa mengabaikan aturan-aturan yang ada, tambahnya.

Ia mengemukakan Nagari Sumpur yang berada di pinggir Danau Singkarak memiliki budaya dengan berbagai atraksi kesenian, banyak rumah gadang dengan pernak-pernik di dalamnya, alam yang indah dengan Danau Singkarak, Batang Air Sumpu, serta punya alek Pacu Biduak.

Ia juga mengapresiasi hasil lokakarya yang telah dilaksanakan pada 27 dan 28 Juli 2016 di Nagari Sumpur menjadi daerah pusat pengembangan Danau Singkarak yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Sementara Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang peduli terhadap pelestarian budaya Minangkabau terutama pembangunan kembali rumah gadang di Nagari Sumpur.

"Nagari Sumpur terkenal dengan makanan khas kuliner Pangek Sumpu dan punya banyak rumah gadang," katanya.

Pemerintah daerah, menurutnya, memberikan penghargaan kepada semua pihak yang peduli terhadap pelestarian budaya khususnya pembangunan kembali rumah gadang dan menghidupkan kembali tradisi, seni budaya lokal, komunitas Kampung Minang Nagari Sumpur. (*)