Delapan BUMN Rayakan HUT Dengan "Carica Day"

id BUMNUltah

Jakarta, (Antara Sumbar) - Delapan BUMN yang berulang tahun pada Juli 2016 merayakan hari jadinya dengan menggelar acara bertajuk "Carica Day" di Bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7).

Hadir dalam acara tersebut Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, serta pimpinan delapan BUMN yang berulang tahun di antaranya BNI, Jamkrindo, PT Biro Klarifikasi Indonesia (BKI), Perusahaan Umum (Perum) Perumnas, Indofarma, Antam, Petrokimia Gresik, Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), juga direksi dari 110 BUMN lainnya yang mengikuti rangkaian aktivitas tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, acara yang mengusung tema "Bersahabat dengan Alam, BUMN Hadir untuk Negeri" itu dilakukan sebagai upaya memberi dukungan riil terhadap pengembangan agroindustri khas Wonosobo, yaitu industri makanan dan minuman Carica.

Gelaran acara tersebut juga tercatat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk rekor makan carica bersama 5555 peserta. MURI juga menyerahkan piagam rekor untuk Penjualan Sembako Murah oleh gabungan BUMN kepada lebih dari 15.000 penerima di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, delapan BUMN yang berulang tahun bersinergi dengan Perhutani sebagai pengelola kawasan Sikunir membenahi sarana penunjang wisata di objek wisata alam Bukit Sikunir.

Untuk membantu keberlanjutan produksi buah carica, ke delapan BUMN yang berulang tahun menyumbangkan 200 bibit pohon carica. Bibit pohon tersebut diserahkan kepada para petani untuk ditanam dan dipelihara, sehingga pasokan buah carica di masa mendatang lebih terjamin.

Ke delapan BUMN yang berulang tahun kembali memberikan kontribusinya dengan menyumbangkan 800 paket sembilan bahan makanan pokok (sembako) bagi 800 buruh gendong.

"Semoga tahun depan, apabila kami datang lagi ke Wonosobo, masyarakat sudah lebih makmur dan lebih sejahtera," kata Rini.

BNI sendiri turut mendukung peningkatan kapasitas usaha para pengrajin minuman dan makanan berbahan carica dengan menyerahkan dua unit motor roda tiga untuk pengangkutan hasil perkebunan carica pasca panen kepada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) serta menyediakan 20 unit mesin "cup sealer" bagi MPIG Carica Dieng dan menyediakan 300 keranjang buah carica.

Untuk mendukung potensi wisata di Bukit Sikunir, perbankan itu ikut membantu renovasi mushola dan lima toliet di Telaga Menjer yang merupakan lokasi pusat kegiatan ritual Pemotongan Rambut Gembel.

Ada pun sebagai upaya peningkatan literasi dan inklusi lembaga keuangan, BNI juga menghadiahi warga yang menghadiri acara tersebut dengan 10 tabungan BNI Taplus, 15 sepeda dan hadiah hadiah utama berupa satu unit motor Yamaha. (*)