Deputi Kemenpora Buka FIDB XIV di Padang

id Perahu Naga

Deputi Kemenpora Buka FIDB XIV di Padang

Ilustrasi lomba perahu naga. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora-RI), Raden Isnanta membuka secara resmi Festival Internasional Dragon Boat XIV (FIDB) 2016 di kawasan Banjir Kanal GOR H. Agus Salim Padang, Jumat malam.

"Mudah-mudah even ini dapat melahirkan atlet Sumbar yang bergerak di bidangnya, dan dengan ini juga Sumbar bisa memajukan aspek pariwisata," kata Raden Isnanta pada kata sambutan pembukaan FIDB 2016 di Padang.

Ia mengatakan pada even ini masyarakat sekitar bisa bisa merasakan dampaknya, seperti menumbuhkan perekonomian masyarakat dari usaha berjualan makanan.

"Melalui even-even yang digelar tentunya Pemerintah Provinsi Sumbar juga akan dapat mempersiapkan atletnya untuk menghadapi PON Jabar pada September 2016," ujarnya.

Dengan diadakan rutinnya even ini patut diapresiasi karena Pemerintahan Kota Padang masih tetap bisa menggelar even bertaraf internasional tersebut setiap tahun.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi mengatakan FIDB 2016 ini menjadi ajang pengembangan pariwisata Padang dengan memanfaatkan potensi sungai yang ada.

"Selain itu even pameran yang diselenggarakan bersamaan dengan even ini juga menjadi ajang peluang dalam membangkitkan pertumbahan ekonomi Padang dan Sumbar," ujarnya.

Sebelumnya dalam putaran final 12 pedayung putra dari empat Kesatuan, Kolinlamil Jakarta keluar menjadi juara pertama dengan memperoleh medali emas.

Sedangkan untuk juara kedua dimenangkan oleh Yonif Yudha 133 Padang, posisi ketiga oleh Lantamal II Padang dan Yon Maharlam menempati posisi terakhir. (*)