PPP Harap "Reshuffle" Perkuat Dukungan Politik Legislatif

id PPP

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sekretaris Jenderal PPP, Arsul Sani berharap perombakan kabinet atau "reshuffle" berimplikasi pada penguatan dukungan politik terhadap pemerintah di legislatif pasca masuknya Partai Golkar dan PAN dalam pemerintahan.

"Salah satu sisi dari "reshuffle" adalah memperkuat pondasi dukungan politik kepada pemerintahan Jokowi-JK dengan masuknya PAN dan Golkar dalam kabinet, maka diharapkan penguatan pondasi politik ini terimplementasikan secara nyata di legislatif," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, seluruh parpol yang masuk dalam Koalisi Parpol Pendukung Pemerintahan (KP3) tidak boleh berperilaku seperti oposisi dalam bersikap kepada pemerintah di DPR.

Arsul menilai sikap kritis memang tetap harus dikedepankan sebagai bentuk mekanisme "check and balances" terhadap kerja-kerja kabinet dan pemerintahan.

"Namun perbedaan kebijakan-kebijakan dasar harus diselesaikan secara internal antara parpol pendukung dengan pemerintah," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu menjelaskan kesan bahwa perombakan adalah bagi-bagi kekuasaan adalah wajar karena masuk dua parpol baru dalam barisan pemerintahan.

Namun dia menilai kalau melihat komposisinya maka reshuffle tidak mengorbankan aspek profesionalitas dalam memilih Menteri.

"Prasangka baiknya adalah reshuffle ini bisa memperbaiki kinerja pemerintahan," katanya. (*)