PMR Sumbar Berangkat Ke Jumbara Nasional

id Palang Merah

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 37 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Sumatera Barat diberangkatkan ke Sulawesi Selatan untuk mengikuti Jumpa, Bakti dan Gembira (Jumbara) Nasional VIII, 25-31 Juli 2016.

"Jumbara Nasional di Pangkajene dan Kepulauan Sulawesi Selatan merupakan wadah untuk berjumpa, berbakti dan bergembira bagi anggota PMR se-Indonesia," ujar Wakil Ketua Penanggulangan Bencana dan Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar, Jazmarizal di Padang, Sabtu.

Menurutnya, Jumbara Nasional akan diikuti tiga tingkatan PMR yakni mula (setingkat SD), madya (setingkat SMP) dan wira (setingkat SMA).

"Setelah melakukan seleksi pada anggota PMR dari perwakilan PMI kabupaten/kota dari seluruh tingkatan, maka didapat hasil sebanyak 37 orang yang akan mengikuti kegiatan tersebut," ujarnya.

Selama mengikuti kegiatan, Jazmarizal menyebutkan peserta akan melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya traveling Kepalangmerahan, edukasi, dan entertainment pengurangan risiko bencana, dan jurnalis remaja.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melepas rombongan di auditorimum gubernuran, Sabtu berharap kegiatan tersebut berdampak positif bagi PMR Sumbar.

"Jadikan kegiatan ini sebagai bekal dan pengalaman agar anak-anak semua bisa lebih maju dan sukses," katanya.

Ia berpesan agar selama kegiatan, seluruh peserta mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara dan laksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Saya yakin, hal tersebut bertujuan untuk melatih anak-anak semua untuk berdisiplin, karena kedisiplinan adalah salah satu sifat yang akan menjadikan kita menjadi yang terbaik," katanyaya.

Ia juga meminta agar tetap menjaga kelakuan dan etika selama kegiatan, karena yang dibawa bukan hanya nama PMR, tetapi juga nama Sumbar.