Festival Cerita Anak Indonesia Meriahkan HAN 2016

id festival cerita

Jakarta, (Antara Sumbar) - Festival Cerita Anak Indonesia oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia (Ayodi) ikut meriahkan Hari Anak Nasional 2016 di Istana Anak Anak Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu.

Ayodi mengajak anak berinteraksi dengan cerita dan lagu anak yang baik melalui pertunjukan dongeng dari belasan pendongeng dan pemain musik.

Menurut pendiri dan Ketua Komunitas Ayodi Mochamad Ariyo Faridh Zidni perayaan hari anak nasional dengan mengangkat cerita dongeng dilakukan karena kurangnya acara yang terbuka untuk masyarakat dan keluarga yang ditujukan bagi anak-anak di ruang terbuka yang sifatnya bisa dinikmati semua golongan.

Selain itu, Komunitas Ayodi juga memiliki keprihatinan dengan maraknya kasus kekerasan terhadap anak, perisakan (bullying), hingga adanya lagu anak yang tidak pantas disebut sebagai lagu anak.

"Tujuan acara tahun ini adalah memperkenalkan dan mengingatkan kembali tentang hak-hak anak Indonesia," kata Ario.

Di sela-sela acara dongeng, juga berlangsung acara talkshow bertema "Dongeng itu Baik" yang diisi oleh Tim Imaginatory dan Kak Rika.

Materinya tentang dongeng yang mudah dan menyenangkan, namun penting bagi anak dan juga orang tua.

Acara utama di Panggung si Kancil yang berlangsung sejak pukul 9.00 WIB hingga 12.00 WIB berhasil menarik perhatian perhatian ratusan anak-anak dan orang tuanya.

Mereka tertawa gembira dan antusias mendengarkan aneka cerita dongeng dari Kak Aio, Kak Rika, Kak Budi,Kak Yanie, Kak Ana, Kak Melanie & Kak Tesar, Kak Tiwi, dan Kak Bonchie, Kak Ibut & Kak Anyi, tim Dongeng Kota Hujan, dan tim Bengkimut Bandung.

Di panggung berbeda, berlangsung dua workshop. Pertama, workshop Guru TK "Mari Mengajar Kreatif" yang dipandu oleh Tim dari Ganara Art Studio, berisi materi pengajaran untuk Guru-guru TK bagaimana berkegiatan seni yang kreatif. Kedua, workshop Guru "Musik Pendidikan Ramah Anak" yang dipandu oleh tim pakar dari Peduli Musik Anak (Kak Ibut dan Kak Anyi) yang memberikan panduan mencipta lagu yang mendidik dan ramah bagi anak.

Festival Cerita Anak Indonesia juga didukung oleh Istana Anak Anak Indonesia Taman Mini Indonesia Indah, Imaginatory, Ganara Art Studio, Peduli Musik Anak, Kita Bercerita, dan Bazaar Art Jakarta 2016.