Payakumbuh Promosikan Pacu Itik-Musik Tradisional Saat TdS

id TdS, Pacu Itiak, Payakumbuh

Payakumbuh Promosikan Pacu Itik-Musik Tradisional Saat TdS

Sejumlah itiak (itik) diterbangkan dari garis start, saat digelarnya "Pacu Itiak" di Aur Kuning, Kota Payakumbuh, Sumbar. (ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mempromisikan pacu itik dan musik tradisional saat pelaksanaan balap sepeda Internasiol Tour de Singkarak (Tds) 2016.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (kadisparpora) setempat, Syahnadel Khari di Payakumbuh, Kamis, mengatakan penampilan kesenian tradisional tersebut untuk mempromosikannya kepada dunia bahwa Payakumbuh memiliki banyak kesenian tradisional.

Menurutnya, musik tradisional tersebut dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Payakumbuh.

Selain itu, juga ditampilkan pacu itik, dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu permainan anak nagari di daerah tersebut.

"Kami berharap dengan adanya event-event ini dapat mempromosikan daerah kepada dunia melalui tamu-tamu dari berbagai daerah, tambahnya.

Ia menyebutkan selain pacu itik dan penampilan musik tradisional, pihaknya pada pagi hari juga akan menyelenggarakan sepeda santai mengelingi kota, kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

Kemudian, pada siang hari baru baru hiburan rayat dengan musik tradisiol sambil menunggu peserta di titik finish, dimana tahun ini Payakumbuh menjadi titik finish.

Sebelumnya Ketua DPRD Payakumbuh, Yendri Bodra mengatakan pacu itik menjadi budaya wisata nasional, pacu itik adalah permainan anak nagari yang merupakan satu-satunya di dunia dan kami harapkan menjadi ikon dunia.

Pihaknya, mendorong kepada Disparpora setempat untuk mengusulkan ke Pemprov Sumbar kemudian pemerintah pusat agar pacu itik menjadi salah satu aset wisata nasional.

Ia menyebutkan, event pacu itik sudah menjadi agenda wajib di Payakumbuh, di samping meningkatkan pariwisata, akan tetapi juga memperkenalkan daerah kita ke dunia internasional.

Pacu itik merupakan salah satu permainan anak nagari di Payakumbuh tepatnya kawasan Kanagarian Aur Kuning. (*)