Padang Peringati Gugurnya Bagindo Azis Chan ke-69

id Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Masyarakat Kota Padang dan sekitarnya memperingati hari gugurnya pahlawan nasional Bagindo Azis Chan ke-69 dengan melaksanakan upacara di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Dari pantauan, upacara ini dipimpin oleh Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi sejak pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari kelompok pemuda dan siswa sekolah.

"Upacara ini sebagai penghargaan kepada Bagindo yang banyak berjasa untuk kota Padang," kata Emzalmi.

Dia menyebutkan upacara ini sebagai puncak kegiatan peringatan wafatnya Bagindo Azis Chan.

Sebelumnya Dinas Pemuda dan Olahraga bersama berbagai forum pemuda se kota Padang melaksanakan Napak Tilas perjuangan Bagindo Azis Chan yang dimulai sejak Senin (18/7) malam.

Napak tilas yang diikuti oleh karang taruna, Komite Nasional Pemuda Indonesia, dan kelompok pemuda lainnya serta peserta dari luar Padang dilakukan dengan berjalan melewati beberapa lokasi tempat perjuangan Bagindo Azis Chan.

Hal ini dilakukan untuk mengenang sekaligus mengingat perjuangan sekaligus hasil upaya Bagindo Azis Chan dalam membangun kota.

"Secara khusus upacara dan napak tilas ini diperuntukkan bagi pemuda dalam merintis nasionalisme dan rasa kebangsaan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Napak Tilas Bagindo Azis Chan, menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Aia Pacah kemudian ke Daerah Tunggu Hitam, lanjut ke Simpang Kemerdekaan, Pantai Padang, Tugu Gempa dan berakhir di Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Ganting sebelum melakukan ziarah ke Bukittinggi.

Dalam kegiatan ini juga diberi penghargaan bagi peserta juara satu, dua, tiga dalam kota dan luar kota, peserta terheboh, terunik dan terobsesi serta hadiah door prize.

Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan lancar, dan antusiasme peserta terlihat dengan nyanyian serta teriakan "Indonesia-Indonesia" saat berjalan.

Terpisah salah satu peserta asal Bungus Teluk Kabung, Ramli mengapresiasi kegiatan napak tilas tersebut.

Menurut anggota karang taruna kecamatan setempat kegiatan ini memberikan semangat untuk pemuda berusaha lebih keras dan mengikuti perjuangan Bagindo Azis Chan.

Disamping itu, kata dia, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar warga yang selama ini sulit bertemu. (*)