SDN 11 Rawang Sutera Kekurangan Ruang Belajar

id sekolah, kekurangan, kelas

Painan, (Antara Sumbar) - Sekolah Dasar Negeri 11 Rawang, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), kekurangan ruangan belajar sehingga diberlakukan kelas pagi-sore.

Kepala SDN 11 Rawang, Ruslan di Painan, Senin mengatakan kelas pagi-sore diberlakukan selain karena kekurangan ruangan belajar juga karena banyaknya murid di sekolah itu.

"Hingga saat ini anak didik kami berjumlah 303 orang sementara ruangan yang tersedia hanya delapan setidaknya kami butuh tambahan dua sampai empat ruangan," ungkapnya.

Ia menjelaskan walaupun diberlakukan kelas pagi-sore namun hingga saat ini tidak berpengaruh kepada kinerja guru baik wali kelas ataupun bidang studi.

"Tidak ada masalah untuk guru namun yang jadi masalah terletak pada anak murid yang mengikuti kelas sore mereka terlihat letih dan lesu," lanjut dia.

Mengantisipasi terjadinya kebosanan bagi siswa pihaknya membagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok akan mengikuti jam pagi dan sore secara bergantian setiap minggunya.

Terkait kekurangan ruang belajar itu pihaknya telah mengajukan ke dinas pendidikan setempat dan saat ini tengah dalam pemrosesan.

"Kami berharap semoga dalam waktu dekat ada penambahan ruangan belajar agar semangat belajar siswa semakin bertambah," ujar dia.

Ditengah kendala yang dihadapi ia terus memotivasi jajarannya agar kualitas anak didik tidak terpengaruh dengan situasi yang ada saat ini.

"Sukai pekerjaan yang sedang dikerjakan dan jangan mengerjakan pekerjaan yang disukai artinya kalau mereka seorang tenaga pendidik ya harus dilakoni serius jangan berpikir jadi pedagang sehingga akan mengganggu profesi yang ada," tambahnya. (*)