Tim Dayung Olimpiade Targetkan Lampaui Hasil Regatta

id olimpiade 2016, tim, dayung,

Jakarta, (Antara Sumbar) - Tim Dayung Indonesia yang akan berlomba pada Olimpiade Rio 2016 menargetkan lampaui hasil Kualifikasi Olimpiade Benua Asia dan Oceania Regatta di Chung-ju, Korea Selatan.

"La Memo telah meraih posisi ketiga dalam Kejuaraan Regatta yang merupakan kejuaraan kualifikasi Olimpiade. Kami berusaha mengalahkan peraih posisi pertama dan kedua Regatta di Rio," kata pelatih tim dayung Indonesia asal Belanda Boudewijn van Opstal dalam pesan singkatnya kepada Antara di Jakarta, Senin.

La Memo telah lolos kualifikasi Olimpiade Rio 2016 dan akan bertanding pada nomor single scull atau satu pedayung putra (M1X). Memo menempati posisi ketiga di bawah atlet Korea Selatan Kim Dongyong dan atlet India Bhokanal Dattu Baban.

Selain Memo, Indonesia juga menempatkan satu wakil pada nomor single scull atau satu pedayung putri (W1X) atas nama Dewi Yuliawati.

"Dewi mengalami cedera. Saya akan cukup senang jika dia dapat berlomba dengan baik di Rio. Dia perlu menikmati pengalaman berlomba dalam Olimpiade karena itu adalah momentum istimewa yang akan memberikan motivasi pada empat tahun berikutnya," ujar Boudewijn.

Tim Dayung Indonesia akan berangkat ke Amsterdam Belanda pada Selasa (19/7) untuk menjalani pemusatan pelatihan jelang Olimpiade Rio 2016. Pelatihan itu bertujuan untuk mengasah fisik dua atlet dayung Merah-Putih agar mencapai puncak penampilan di Brazil.

"Kami akan menjalani pelatihan selama 10 hari dan pada tanggal 1 Agustus kami akan terbang ke Rio. Kami juga memanfaatkan lima hari di Rio untuk persiapan perlombaan, termasuk penyesuaian perbedaan waktu," ujarnya.

Boudewijn menambahkan target pertama tim Dayung Indonesia untuk lolos kualifikasi Olimpade Rio telah terpenuhi setelah usaha selama empat tahun lalu.

"Kami telah berlatih selama empat tahun. Kami sudah siap sekarang. Tapi, kami tetap harus berkembang jika ingin mengalahkan atlet-atlet Eropa," ujarnya.

Indonesia mengirim 28 atlet dalam tujuh cabang olahraga Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, pada 5-21 Agustus. Tujuh cabang itu adalah atletik (2), angkat besi (7), panahan (4), bulu tangkis (10), dayung (2), balap sepeda (1), dan renang (2). (*)