BKD Padang Serahkan Nama Tiga Calon Pejabat Eselon-II

id BKD, Padang, Pejabat, Eselon II

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Asnel mengatakan pihaknya telah menyerahkan nama tiga calon pejabat eselon II untuk kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) daerah itu.

"Tiga nama itu telah ditetapkan oleh panitia seleksi kompetensi calon pimpinan pratama di lingkungan pemkot dan akan dipilih menjadi kepala dinas oleh wali kota Padang," ujar dia di Padang, Rabu.

Menurutnya, penetapan nama-nama calon itu sudah sesuai dengan undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) nomor 5 Tahun 2014 yakni harus menseleksi secara transparan calon SKPD.

Ia menyebutkan sebelumnya ada sembilan nama calon pejabat eselon II yang telah tetapkan sesuai surat sekretaris daerah nomor 820.003/PS-PDG/2016, kemudian beberapa waktu lalu didapatkan tiga calon terbaik dan telah diserahkan pada wali kota setempat.

Nama tiga calon terbaik tersebut ialah Dasmawarita dari pejabat pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Erwin yang saat ini menjabat di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) untuk Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) dan Arfian yang merupakan Camat Padang Barat untuk Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Menurutnya, setelah penyerahan nama tersebut, nantinya menjadi hak prerogatif wali kota untuk menetapkan mereka menjabat menjadi kepala SKPD.

Salah satu calon pejabat eselon II itu, Arfian mengatakan nama itu baru usulan saja dan nantinya hak prerogatif wali kota untuk menetapkan yang akan menjadi kepala SKPD.

"Kalau memang jabatan itu diamanahkan pada saya, tentu dalam menjalankannya akan saya lakukan semaksimal mungkin," tambahnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra menyebutkan sebenarnya kerja pemkot memang termasuk melakukan penilaian terhadap para calon kepala SKPD yang ditetapkan dan itu hal hak prerogatif wali kota.

Menurutnya, tentu banyak penilaian atau tes yang dilakukan panitia seleksi kompetensi calon pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemkot sehingga mendapatkan calon-calon kuat untuk menjadi kepala SKPD.

"Termasuk pula kriteria prestasi para calon tentunya dan sah-sah saja siapa yang dicalonkan," ujarnya. (*)