Tempat Parkir Pantai Carocok Dipenuhi Kendaraan

id pantai carocok, parkir, pesisir selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Tempat parkir di objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sehari setelah Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dipenuhi oleh berbagai kendaraan dari berbagai daerah yang ingin liburan. Petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Pesisir Selatan, Edy Richardo di Painan, Kamis, menyebutkan jumlah kendaraan meningkat baik kendaraan roda dua maupun roda empat ketika sesudah waktu Shalat Zhuhur sehingga memenuhi lahan parkir yang tersedia di tempat tersebut pada Kamis siang.

Pihak Kepolisian setempat menggunakan sistem buka tutup jalan bagi pengunjung yang akan pergi ke sana untuk mengantisipasi kemacetan.

Ada beberapa mobil pengunjung yang rela parkir sejauh satu kilometer dari Pantai Carocok Painan seperti yang terlihat di Simpang Ajinomoto.

"Daya tampung parkir di Pantai Carocok Painan hanya berkapasitas sekitar 500 kendaraan roda empat," katanya.

Ia menjelaskan lahan parkir yang bisa digunakan untuk saat ini di kawasan tersebut hanya sekitar untuk 300 kendaraan roda empat dikarenakan sebagian lahan digunakan oleh warga untuk berdagang.

Ada beberapa alternatif bagi pengunjung untuk memarkir kendaraannya apabila lahan parkir Pantai Carocok Painan sudah dipenuhi kendaraan seperti halaman kantor Bupati, Polres, parkiran Masjid Baiturahman, GOR H. Ilyas Yacub, dan GOR Zeinizen.

Kawasan GOR H. Ilyas Yacub digunakan untuk parkir mobil-mobil besar, sedangkan GOR Zenizen digunakan untuk mobil yang datang dari daerah selatan.

Biaya parkir sesuai dengan Perbup No 20 tahun 2013, kendaraan roda dua dengan tarif Rp1000, roda empat atau minibus dengan tarif Rp5000, bus sedang dengan tarif Rp10.000, dan bus besar dengam tarif Rp15.000.

Ia berharap kepada pengunjung agar tidak memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan guna mengantisipasi kemacetan, sedangkan untuk petugas parkir menetapkan tarif sesuai dengan aturan yang ada demi kenyamanan pengunjung.

Pantai Carocok Painan merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan, jarak tempuh objek wisata itu dari Kota Padang sekitar 75 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menaiki kendaraan pribadi.

Objek wisata ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni di kawasan Pantai Carocok terdapat Pulau Batu Kereta yang bisa di akses melalui jembatan yang telah tersedia.

Selain itu juga terdapat Pulau Cingkuak yang jaraknya sekitar 500 meter dari pantai. Bagi warga yang ingin ke sana dikenakan biaya penyebrangan sebesar Rp20.000.

Di pulau ini pengunjung bisa bermain berbagai jenis wahana air seperti, banana boad, donat boad, jetsky dan masih banyak lagi dengan biaya Rp20.000 hingga Rp100.000. (*)