Padang Raih Camat Terbaik Provinsi Setelah 25 Tahun

id Arfian

Padang Raih Camat Terbaik Provinsi Setelah 25 Tahun

Pantai Padang. (Antara) ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Kota Padang meraih penghargaan sebagai camat terbaik, kepala Kecamatan Padang Barat atas nama Arfian, dalam penilaian se-Sumatera Barat 2016 setelah terakhir memperolehnya pada 25 tahun lalu.

"Meski secara resmi belum diumumkan namun kami telah menerima Surat Keterangan (SK) dan informasinya dari panitia lomba tersebut," kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan dengan kemenangan ini menandakan Arfian berhasil menyisihkan kandidat camat lain dari di provinsi Sumbar.

Menurutnya penghargaan yang diterima Arfian tidaklah berlebihan, sebab dalam waktu satu tahun terakhir memiliki kontribusi dalam memajukan pembangunan pariwisata Padang, khususnya wilayah pantai.

Salah satu indikator keberhasilannya yakni menata pantai Muaro Lasak dan sekitarnya yang awalnya semrawut dan tidak beraturan.

Selain itu penataan pedagang kaki lima dari tenda "ceper" atau pendek menjadi memiliki tempat juga langkah baik Arfian selanjutnya.

Terakhir dalam hal parkir Arfian bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) melakukan pembinaan dan arahan kepada petugas parkir.

"Disamping sukses dalam mengembangkan pariwisata, Arfian juga dinilai sukses memajukan pelayanan kepada publik," tambahnya.

Salah satu terobosannya yakni Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang memudahkan masyarakat dalam pengurusan surat menyurat semisal Kartu Tanda Penduduk.

Bahkan ini menjadi acuan bagi kecamatan lain dalam menerapkan pelayanan kepada publiknya.

Diharapkan terpilihnya Arfian ini menjadi motivasi camat lain untuk mengikuti jejak serupa bahkan melewatinya.

"Tidak hanya camat, tapi juga lurah, kepala dinas dan pejabat pemerintahan lainnya harus bisa berprestasi lebih baik," ujarnya.

Sementara itu salah satu warga Padang Barat, Masturah berharap kepemimpinan Arfian dapat terus berlanjut hingga ke level yang lebih tinggi.

Tentunya dengan harapan, pelayanan yang dilakukannya juga tidak berubah meski mungkin nantinya jadi kepala dinas atau wali kota.

"Semua warga tentu berharap pimpinan semacam Arfian dapat terus mempertahankan prestasinya," ujarnya.