Disdik Padang Tinjau Pelaksanaan PPDB Daring

id PPDB

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan peninjauan ke sekolah-sekolah negeri tempat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam jaringan di daerah itu.

"Peninjauan ini bertujuan untuk memantau dan melihat secara langsung pelaksanaan PPDB daring di sekolah pelaksana," kata Kepala UPT P2DAPODIK Disdik Kota Padang, Syuhadi, di Padang, Sabtu.

Ia menambahkan tujuan dari peninjauan ini adalah untuk memonitoring dan mengevaluasi pada hari H pelaksanaan PPDB daring di sekolah negeri di Padang.

"Monitoring dan evaluasi ini dilakukan selama tiga hari selama pelaksanaan PPDB daring di sekolah berlangsung, yaitu tanggal 25-27 Juni 2016," ujar dia.

Ia juga mengatakan Disdik ingin memastikan bahwa sekolah melaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis sebagaimana yang telah ditetapkan dan disosialisasikan.

Selanjutnya, sebagai bahan analisis dan acuan untuk pelaksanaan PPDB daring tahun berikutnya, agar menjadi lebih baik, jika terdapat evaluasi pada tahun ini.

Dalam melakukan monitoring dan evaluasi Disdik memiliki tim terkait pelaksanaan PPDB daring di sekolah, tim tersebut terdiri dari 11 tim dimana dalam satu tim terdiri dari tiga sampai empat orang.

Sekolah yang dikunjungi yaitu SMPN 1 Padang, SMKN 3 Padang, SMAN 10 Padang, SMPN 18 Padang dan sekolah lainnya.

Ia menegaskan jika terjadi gangguan pada jaringan atau mengalami error disekolah ketika pelaksanaan PPDB daring, maka sekolah harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut, karena Disdik Kota Padang sebelumnya sudah mengingatkan mengenai hal itu.

"Kita sudah mengingatkan mengenai hal tersebut, segala persiapan telah di monitoring oleh tim IT, jika terjadi masalah akan menjadi tanggung jawab sekolah," kata dia.

Sebelumnya PPDB daring dimulai dengan prapendaftaran untuk calon siswa dari luar kota/propinsi pada 22-27 Juni 2016, sedangkan pendaftaran ke sekolah dimulai 25-27 Juni 2016.

Terdapat 16 SMA, 40 SMP, serta 10 SMK negeri di Kota Padang yang melakukan penerimaan siswa baru secara daring.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Padang Hakim mengatakan bahwa SMPN 1 Padang telah menyiapkan PPDB daring disekolahnya dengan maksimal.

"Kita berharap tidak ada gangguan dalam pelaksanaan PPDB daring di sekolah ini," ujarnya.