Disbudpar Padang Siagakan Tim Gabungan di Objek Wisata

id Pantai, Padang, Tim, Gabungan

Disbudpar Padang Siagakan Tim Gabungan di Objek Wisata

Pengunjung menikmati matahari terbenam di depan Pulau Pisang Kecil, di Pantai Air Manis, Padang. (Foto Iggoy Elfitra /ANTARA)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyiagakan tim gabungan di tempat wisata Saat libur Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Kepala Disbudpar Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, Rabu, mengatakan tim itu nantinya terdiri atas Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan SAR Nasional.

"Kami sudah kirimkan surat ke instansi terkait seperti Dishub dan Basarnas. Kami akan meminta bantuan agar siaga untuk tempat pariwisata," ujarnya.

Biasanya tim gabungan tersebut akan dikumpulkan saat apel sebelum lebaran di Kepolisian Resor (Polres), tambahnya.

"Nanti pembagian tugas akan dibagi H-5 oleh Kapolresta Padang sehingga tidak ada tempat pariwisata yang luput dari perhatian. Tim gabungan ini biasanya akan siaga hingga H+7 lebaran," sebutnya.

Medi menambahkan tim gabungan yang ditugaskan tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

"Tentunya pihak Dishub akan melengkapi tim gabungan tersebut dengan fasilitas komunikasi yang lengkap mengingat ada beberapa tempat wisata yang tidak dapat menjangkau sinyal, seperti di Sungai Pisang jalur ke Pulau Pasumpahan," lanjutnya.

Sementara itu salah seorang warga Padang, Syahrul Rahmat (22) menyambut baik tim gabungan tersebut untuk memberi rasa aman dan nyaman para pengunjung objek wisata.

"Lonjakan pengunjung tentu terjadi setelah lebaran. Jika tidak disiagakan tim gabungan tersebut maka petugas yang biasa tidak akan sanggup jika terjadi sesuatu di tempat wisata," sebutnya.

Warga lainnya, Yulia Gustina (23) mengatakan tim gabungan tersebut memang sangat dibutuhkan.

"Jika di tempat wisata seandainya terjadi kecelakaan atau kegaduhan yang dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab, maka tim sudah siaga, setidaknya dapat mengantisipasi kejadian yang diluar dugaan," jelasnya. (*)