Pemkab Tingkatkan Keterampilan Pemuda Melalui Pelatihan

id Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) membina sebanyak 112 pemuda dan pemudi daerah setempat melalui pelatihan kerja sejak 1 April 2016.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), Pesisir Selatan, Syafruddin di Painan, Senin, mengatakan sesuai rencana pelatihan akan ditutup akhir Minggu ini.

Dengan pelatihan itu, diharapkan bisa mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya saing peserta dalam mencari pekerjaan.

Pemuda dan pemudi yang mengikuti pelatihan tergabung ke tujuh kelompok diantaranya kelompok menjahit, administrasi perkantoran, bubut, perbaikan sepeda motor, instlasi penerangan dan dua kelompok las.

"Masing-masing kelompok terdiri dari 16 orang peserta dan mengikuti sebanyak 30 pertemuan atau belajar selama 240 jam," jelasnya.

Selain mendapat pelatihan, peserta juga diberikan uang transportasi dan tidak dipungut biaya selama kegiatan.

Peserta yang mengikuti kegiatan dijaring melalui nagari-nagari yang ada di kabupaten setempat.

"Kami informasikan ke wali nagari setelah itu mereka akan merekomendasikan warga-warganya yang akan mengikuti pelatihan," ungkapnya.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan, Umar mengatakan pelatihan perbaikan sepeda motor yang diikutinya sangat bermanfaat karena setelah lulus SLTA ia kebingungan mencari tempat bekerja.

"Dengan adanya pelatihan ini kedepan saya akan membuka bengkel sepeda motor dan pelatihan ini cukup membantu," tambahnya. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar