Alat Berat Disiagakan di Jalan Padang-Pessel

id longsor, siaga, alat berat

Padang, (Antara Sumbar) - Alat berat milik Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Sumatera Barat, akan tetap disiagakan di jalan Padang-Pesisir Selatan kilometer 26 yang longsor semalam.

"Ini untuk antisipasi jika longsor kembali terjadi," kata Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Sumbar, Suprapto di Padang, Jumat.

Ia menambahkan, tidak hanya di ruas jalan itu, alat berat juga akan disiapkan pada jalan Padang Panjang-Padang tepatnya di Lembah Anai.

Kemudian juga pada ruas jalan Solok-Padang di Lubuk Selasih.

"Dua ruas jalan ini juga rawan longsor. Mulai hari ini alat berat disiagakan pada titik-titik ini," jelasnya.

Sebelumnya, hujan deras yang melanda kota Padang dan sekitarnya, tidak hanya menyebabkan banjir, juga menyebabkan longsor di ruas jalan Padang-Painan, tepatnya di Bungus, menyebabkan akses Padang-Pesisir Selatan terputus.

"Longsor pada ruas jalan Padang-Painan di Km 26 tepatnya di antara Sungai Barameh dan Kelok Jaring, menyebabkan akses jalan terputus karena tertutup longsor. BPBD bersama Dinas Prasjal Tarkim Sumbar dan Balai Jalan Wilayah II berhasil kembali membuka jalan sekitar pukup 03.00 WIB," kata Kepala BPBD Sumbar, Zulfiatno.

Ia menambahkan, sekarang akses jalan sudah normal kembali dan bisa dilewati kendaraan besar.

Meski demikian ia tetap mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati berkendara di ruas jalan rawan longsor, terutama bila hujan turun cukup deras.

"Kalau perlu hindari melintas di ruas jalan rawan itu saat hujan," ujarnya. (*)