Bupati Pasaman Barat Akan Evaluasi Pendidikan Terkait UN

id Bupati Pasaman Barat

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran akan mengevaluasi total dinas pendidikan terkait hasil Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menempatkan daerah itu berada di peringkat 18 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

"Tentu jelas sangat mengecewakan karena kami berada di nomor dua dari bawah. Kami tidak ingin menyalahkan tetapi akan dievaluasi semuanya," tegasnya di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan evaluasi total itu mulai dari jajaran Dinas Pendidikan (Disdik), jajaran sekolah dan guru. Kenapa bisa Pasaman Barat berada diperingkat ke-18.

"Ini jelas memalukan dan butuh evaluasi total. Dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan terkait hasil UN ini. Apa yang salah dan bagaimana kedepannya," sebutnya.

Ia menjelaskan persoalan pendidikan tentunya harus menjadi perhatian serius semua pihak. Masing-masing pihak memiliki tugas dan fungsi.

Ia menekankan, semua sektor yang berada di bawah dinas pendidikan harus menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Mulai dari kepala disdik, kepala bidang, kepala sekolah dan guru.

"Jika semuanya dijalankan dengan benar maka hasilnya tentu juga baik. Selama ini terkesan banyak yang lari dari tugas dan tanggungjawab" tambahnya.

Ia menyebutkan akan mengevaluasi total semuanya. Kalau memang tidak mampu katakan tidak mampu. Ini semua adalah untuk kepentingan masyarakat luas.

"Tidak saja untuk lingkungan disdik tetapi juga untuk semua dinas yang ada. Jangan lari dari tanggungjawab karena banyak yang akan dirugikan jika tugas dan fungsi tidak dilaksanakan semestinya," lanjutnya.

Ia juga mengemukakan pihaknya akan meratakan penyebaran guru yang ada disekolah-sekolah. Selain itu juga akan meningkatkan kemampuan pendidik dalam rangka peningkatan kualitas siswa.

Pada UN tingkat SMP 2016 ini Pasaman Barat berada diperingkat 18 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar dengan nilai rata-rata 47,58 dari empat mata pelajaran dengan 7.055 peserta UN.

Sedangkan peringkat pertama diraih oleh Kota Padang dengan peserta 14.870 nilai rata komulatif dari empat mata pelajaran 66.96. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar