Wakil Bupati Adakan Safari Ramadhan Khusus

id Wakil Bupati

Painan, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rusma Yul Anwar mengadakan Safari Ramadhan Khusus ke Masjid Khalis, Nagari (Desa Adat) Pancuang Taba, kabupaten setempat, pada Rabu (15/6) malam.

"Selain mempererat tali silaturrahmi, safari Ramadhan ini juga sebagai wadah dalam menjaring apsirasi masyarakat hingga ke kampung-kampung," katanya.

Safari Ramadhan secara tidak langsung dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan baik antara pemerintah dengan masyarakat maupun masyarakat dengan masyarakat itu sendiri.

Melalui kegiatan itu juga pemkab akan dapat mengetahui pokok masalah yang dihadapi masyarakat yang selama ini belum sepenuhnya dapat diketahui secara baik.

"Aspirasi dan harapan masyarakat dapat menjadi masukan secara langsung bagi kami (pemkab) untuk ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang," tambahnya.

Menurutnya, kepentingan masyarakat merupakan prioritas utama dalam pembangunan di kabupaten itu yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi daerah. Semua kepentingan tersebut akan diwujudkan secara bertahap dan berkesinambungan nantinya.

Sesuai dengan letak nagari itu di dataran tinggi dengan suhunya yang sejuk maka pemkab akan menjadikan nagari yang terletak di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara tersebut sebagai daerah pertanian untuk berbagai tanaman hortikultura seperti bawang merah, cabai, sayur sayuran dan sebagainya.

"Disamping padi sawah, daerah ini akan difokuskan sebagai lahan pertanian hortikultura. Suhu dan postur tanahnya sangat cocok untuk pertanian ini," ujarnya.

Ia sangat berharap kepada masyarakat untuk mempertahankan potensi itu karena kecamatan itu memiliki potensi besar sebagai daerah komoditi unggulan pertanian hortikultura.

Wali Nagari (Kepala Ddesa Adat) Pancuang Taba, Asrul Narun mengatakan, masyarakat setempat mayoritas berprofesi sebagai petani. Dari sebanyak 430 kepala keluarga penduduk Pancuang Taba, hanya sekitar 22 orang saja yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN) atau PNS dan karyawan swasta lainnya.

Dalam kehidupan sehari hari, Saat ini Pancuang Taba membutuhkan alat penerangan listrik dan signal hand phone. Terkait potensi lahan pertanian yang dimilikinya, pada tahun ini (2016), Pancung Taba mendapat bantuan bibit bawang merah dari pemkab setempat sebanyak 1,8 ton. (*)