Unand-TNI Bentuk Kenegaraan Mahasiswa Lewat Wawasan Kebangsaan

id Wawasan Kebangsaan, Unand-TNI,

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, bekerja sama dengan Korem 032 Wirabraja TNI kembali menggelar wawasan kebangsaan untuk membentuk sikap kenegaraan mahasiswa baru hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), di Kampus Unand Padang, Kamis.

"Kegiatan wawasan kebangsaan ini merupakan yang ketiga kali digelar oleh Unand dan Korem 032 Wirabraja sebagai bagian pembinaan mahasiswa baru," kata Rektor Unand, Prof Tafdil Husni.

Dia menyebutkan kegiatan wawasan kebangsaan ini dilakukan dengan pelatihan semimiliter yang mengedepankan kekuatan fisik dan pemikiran.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dibagi kelompok dan melakukan berbagai pelatihan mengenai pengetahuan negara dan bangsa serta mendapat bimbingan dari anggota TNI yang secara khusus dihadirkan.

Secara khusus bagi Unand, menjadikan mahasiswa baru bersikap disiplin dan patuh pada peraturan saat melaksanakan kuliah mendatang.

"Cukup tepat dilatih oleh TNI agar menjadi pemimpin yang memiliki pengetahuan kebangsaan dan pemikiran nasionalisme," ujarnya.

Dengan adanya wawasan kebangsaan ditambah pelatihan karakter Andalasian, akan membentuk mahasiswa yang berdikari, berprestasi dan berdaya saing tinggi, tambahnya.

"Wawasan Kebangsaan, karakter andalasian, dan kuliah kewirausahaan menjadi pilar Unand membangun mahasiswa menjadi lulusan yang berkompeten nantinya," katanya.

Sebab, lanjutnya, ketiga pilar tersebut dapat menjadi modal bagi mahasiswa menghadapi persaingan global yang akan segera datang semisal Masyarakat Ekonomi Asean yang telah berjalan.

Selain ketiga pilar ini juga menjadi alat bagi Unand untuk mengembangkan institusi hingga kelas dunia, terangnya.

Sementara itu Danrem 032 Wirabraja Brigadir Jenderal Bakti Agus Padjari menjelaskan kegiatan Wawasan Kebangsaan ini akan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap NKRI.

Hal ini menurutnya penting sebagai benteng untuk menghadapi tantangan di masa depan. (*)