Nagari Setara Nanggalo Bantu Pasarkan Kerajinan Warga

id Setara Nanggalo, Pasarkan, Kerajinan, warga

Painan, (Antara Sumbar) - Nagari Setara Nanggalo (desa adat), Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), membantu memasarkan kerajinan seorang warganya yang terbuat dari tanah liat.

"Pengrajinnya bernama Arif (21) selain berasal dari keluarga kurang mampu yang bersangkutan juga terganggu secara mental, maka dari itu kami mencoba memasarkan karyanya," kata Wali Nagari Setara Naggalo, Sesliani di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan kerajinan tanah liat yang bisa dibuat diantaranya pas bunga, asbak rokok, aneka bentuk buah-buahan, patung, hingga duplikat piala dunia.

Walaupun secara mental arif agak terganggu namun memiliki keistimewaan dalam membuat kerajinan tanah liat, tak heran siapapun yang melihat hasil karyanya akan terpesona dan segera merogoh kocek untuk membelinya.

Cara pemasaran yang dilakukan oleh nagari masih tergolong sederhana yaitu dengan memajang di kantor dan di halaman media sosial.

Harga kerajinan pun bervariasi mulai dari Rp25 ribu hingga Rp300 ribu cara pemesanannya cukup datang ke kantor wali nagari setempat.

Namun bagi pemesan yang ingin dibuatkan sesuai selera bisa menemui keluarganya karena pengrajin tidak membuka diri kepada masyarakat luas.

"Pemesan tinggal menyiapkan foto serta ukuran setelah itu perlihatkan pada orang tuanya, paling lama seminggu pesanan akan selesai," ungkapnya.

Warga setempat, Muar (49) mengatakan Arif memang terganggu secara mental namun tidak pernah mengusik warga setempat.

"Anaknya sering berdiam diri kadang kami kasihan apalagi ia berasal dari keluarga kurang mampu," katanya. (*)