Unand Arahkan Mahasiswa Lewat Pelatihan Karakter Andalasian

id pelatihan, karakter, andalasian

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengarahkan mahasiswa baru dalam hal pemikiran dan mental dengan menggelar pelatihan karakter Andalasian pada Juni hingga Agustus 2016.

"Pengarahan ini dalam bentuk penyesuaian diri secara pemikiran, sikap, pembawaan, lingkungan, dan pembentukan mental," kata Rektor Unand, Prof Tafdil Husni di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan pengajaran dan bimbingan yang dimuat dalam Karakter Andalasian tersebut menjelaskan berbagai hal tentang pembentukan karakter mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan.

"Semacam persiapan sikap dan mental seperti halnya Emotional Spiritual Question (ESQ), namun ini khas Unand," tambahnya.

Tujuan mengarahkan mahasiswa lewat Karakter Andalasian ini juga menyamakan perbedaan yang datang dari berbagai latar belakang.

Sedikitnya mahasiswa dapat dengan mudah beradaptasi dan menentukan sikap saat melakukan perkuliahan mendatang.

"Hal ini juga upaya kampus di awal untuk membenahi mental mahasiswa baru," lanjutnya.

Dia menyebutkan setelah pelatihan Karakter Andalasian ini, mahasiswa baru akan diikuti oleh pelatihan Wawasan Kebangsaan.

Kegiatan ini bertujuan melatih fisik dan pengetahuan tentang negara.

Secara khusus bila Karakter Andalasian cenderung memperkuat karakteristik Unand, Wawasan Kebangsaan lebih menguatkan eksistensi kebanggan terhadap bangsa dan negara.

"Baik Karakter Andalasian dan Wawasan Kebangsaan merupakan satu kesatuan dalam pembentukan karakter, penguatan fisik dan mental mahasiswa baru," kata dia.

Kepala Humas Unand, Eriyanty menyebutkan kegiatan Karakter Andalasian ini akan diikuti oleh lebih 5.000 orang mahasiswa baru.

Dari 5.000 mahasiswa tersebut dibagi dalam tiga kelompok penerimaan yakni Jalur undangan SNMPTN yang sedang berlangsung, SBMPTN Juli 2016, dan UMB Mandiri pada Agustus 2016.

Dalam jadwal yang sama juga dilakukan pelatihan Wawasan Kebangsaan selepas masing-masing mahasiswa menyelesaikan pelatihan Karakter Andalasian.

Sementara itu salah satu mahasiswa baru Unand, Taufik mengapresiasi adanya pelatihan Karakter Andalasian tersebut.

Menurutnya bila dibandingkan ESQ yang pernah diikutinya jauh berbeda secara materi.

"Karakter Andalasian khas Unand dan tidak ada di tempat lain ini sebuah kebanggan," ujarnya. (*)