Gol Bunuh Diri Irlandia Bawa Swedia Bermain Imbang

id Gol Bunuh Diri Irlandia

Paris, (Antara Sumbar) - Gol bunuh diri Ciaran Clark membawa Swedia bermain imbang 1-1 saat melawan Irlandia pada pertandingan pembukaan Grup E Piala Eropa mereka di Stade de France pada Senin.

Kembali ke arena di mana "handball" Thierry Henry untuk Prancis menghancurkan mimpi mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2010 melalui playoff, Irlandia merupakan tim yang lebih baik untuk sebagian besar jalannya pertandingan.

Mereka mendapat ganjaran untuk dominasi mereka saat babak kedua memasuki menit ketiga, ketika Wes Hoolahan mencetak gol melalui sepakan setengah voli.

Bagaimanapun, mereka kemudian kehilangan ketenangannya di bawah tekanan Swedia dan bek tengah Clark menyundul bola umpan silang Zlatan Ibrahimovic ke gawangnya sendiri pada menit ke-71.

"Para pemain tidak beruntung namun kami akan mengambil poinnya. Kami menciptakan banyak peluang," kata Hoolahan.

"Pada babak pertama kami tampil bagus dan demikian pula pada awal babak kedua. Para pemain semestinya bangga terhadap diri mereka sendiri, pada akhirnya ini adalah poin yang hebat."

Berada di grup berat yang juga dihuni Belgia dan Italia, yang bertemu di Lyon pada Senin malam, kedua tim kini menghadapi pertarungan untuk mencapai 16 besar.

Setelah keduanya tereliminasi pada putaran pertama Piala Eropa 2012, Swedia dan Irlandia memiliki sesuatu untuk dibuktikan.

Irlandia memiliki peluang bersih pertamanya pada menit kesepuluh ketika upaya Jeff Hendrick dari luar kotak penalti dapat diselamatkan Andreas Isaksson.

John O'Shea, di depan mulut gawang, kemudian gagal menyambar bola setelah Clark menyundul bola tendangan sudut.

Tidak akurat

Swedia kemudian tidak bergigi saat menyerang dan kerap kali mengirimkan operan-operan yang tidak akurat.

Irlandia kembali mendapat peluang pada menit ke-30, melalui sepakan keras Robbie Brady dari jarak 18 meter yang mengenai mistar gawang.

Tiga menit kemudian sepakan melengkung Hendrick membentur mistar gawang, ketika Irlandia membangun momentum namun mereka tidak mampu memaksimalkan dominasinya.

Mereka terus menekan setelah turun minum dan pada menit ke-48, separuh Stade de France bersorak gembira ketika Hoolahan melepaskan tembakan dari operan Seamus Coleman.

Hal itu memicu Swedia bermain lebih menyerang dan Irlandia bertahan dengan gigih sampai Ibrahimovic menggebrak di sisi kiri, hal yang jarang dilakukan oleh sang penyerang, dan umpan silangnya dibelokkan ke gawang oleh Clark.

Dengan sepuluh menit tersisa pelatih Irlandia Martin O'Neill memasukkan Robbie Keane untuk menggantikan Hoolahan, ketika pasukannya menolak untuk puas dengan hasil imbang.

Ibrahimovic nyaris mencetak gol pada menit ke-83, namun ia gagal menyambar umpan silang Martin Olsson.

Swedia, yang masih tidak terkalahkan saat melawan Irlandia di tujuh pertandingan kompetitif, selanjutnya akan bertemu Italia pada Jumat.

Irlandia akan menghadapi Belgia pada Sabtu. (*)