Padang Panjang Programkan Pengembangan Smart City

id Smart City, padang panjang

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang, Sumatera Barat, membuat program pengembangan Smart City di daerah itu dengan menjalin kerjasama dengan PT. Telkom.

"Penandatangan Nota Kesepahaman ditanda tangani di Balai Kota Padang Panjang hari ini," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Padang Panjang, Ampera Salim di Padang Panjang, Senin.

Ia menyebutkan, pelaksanaan nota kesepahaman itu merupakan wujud keseriusan Pemkot Padang Panjang dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Dengan adanya kerjasama di bidang Teknologi Informasi (TI) ini diharapkan pelayanan jadi lebih cepat, lebih mudah," ujarnya.

Dalam Nota kesepahaman itu disepakati kerjasama meliputi pengembangan jaringan Information and Telecomunication Tekhnology (ICT) serta penyediaan dan implementasi Smart City di Padang Panjang.

Selanjutnya juga berfokus pada pengembangan aplikasi, diantaranya aplikasi e-Kelurahan dimana segala proses pengurusan di kantor lurah baik perizinan, rekomendasi dan lain sebagainya dilaksanakan secara smart dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Perjanjian kerjasama itu dalam kontraknya menunjuk perwakilan sah masing-masing pihak dimana Pemkot Padang Panjang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sonny Budaya Putra dan PT. Telkom diwakili oleh Junior Account Manager I Khadijah.

Masyarakat Padang Panjang, Juliarta memberikan apresiasi kepada pemerintah setempat yang sudah melakukan terobosan baru dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut dia, dengan teknologi informasi yang sudah merakyat saat ini, sudah seharusnya dimanfaatkan oleh pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami berharap program e-Kelurahan yang direncanakan itu bisa terlaksana secepatnya, sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan berbagai keperluan," katanya. (*)