Pesantren Ramadhan Momen Pembentukan Karakter Siswa

id Pesantren Ramadhan, Karakter, Siswa

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska menilai kegiatan pesantren Ramadhan merupakan momentum untuk membentuk karakter serta menanamkan moral dan etika yang baik kepada siswa.

"Melalui kegiatan pesantren Ramadhan banyak nilai-nilai keagamaan dapat diterapkan siswa, baik melalui praktik ibadah maupun ilmu agama yang diberikan," katanya dalam sambutan pada pembukaan Pesantren Ramadhan di SMAN 1 Sungai Rumbai, di Pulau Punjung, Senin.

Ia berharap pesantren Ramadhan tidak hanya agenda rutin tahunan atau sekedar melepaskan tanggung jawab, tetapi harus mengacu pada substansi dari tujuan kegiatan tersebut.

Setidaknya, lanjutnya, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan agama yang lebih intensif kepada siswa sebagai satu langkah dalam membentengi generasi muda dari berbagai tantangan zaman saat ini.

"Kalau hari biasa jam pelajaran agama di sekolah sangat terbatas, untuk itu ini merupakan momen yang tepat untuk memupuk ilmu agama pada siswa," ujarnya.

Ketua Panitia Pesantren Ramadhan Azhari, dalam laporannya menyampaikan, pesantren Ramadhan digelar di seluruh sekolah daerah itu mulai 13 sampai 18 Juni 2016`secara serentak.

"Instruktur terdiri atas guru agama dan guru-guru yang telah dibekali dengan pelatihan khusus," ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa lebih giat membaca Al Quran, menciptakan suasana belajar dan sekolah yang Islami, membiasakan siswa melaksanakan ibadah sunah, serta membentuk karakter dan akhlak.

"Secara umum empat tujuan kegiatan diharapkan dapat diterapkan siswa setelah mengikuti kegiatan ini berakhir," tambahnya. (*)