63.000 Pecandu di Sumbar, Wagub:Jangan Coba-coba Narkoba

id Narkoba, Nasrul Abit, Sumbar

63.000 Pecandu di Sumbar, Wagub:Jangan Coba-coba Narkoba

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengingatkan generasi muda untuk tidak mencoba-coba mengonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang, karena akibatnya akan sangat buruk bagi masa depan.

"Tidak sedikitpun keuntungan yang akan didapatkan. Hanya keburukan. Karena itu jauhilah narkotika, jangan pernah coba-coba," katanya di Padang, Senin.

Menurutnya, sesuai data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumbar, saat ini setidaknya terdapat 63.000 pecandu dan 21.000 diantaranya merupakan wanita muda bahkan termasuk ibu-ibu.

"Ini adalah ancaman terbesar untuk masa depan Sumbar," katanya.

Ia menilai persoalan tersebut sudah berbahaya, maka dalam safari Ramadhan yang dipimpinnya ke sejumlah masjid di kabupaten dan kota di Sumbar, dirinya terus mengingatkan bahaya narkoba pada jamaah.

Menurutnya, untuk mengantisipasi agar generasi muda tidak mudah terjebak narkotika, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi dan mengontrol pergaulan anak-anaknya.

"Anak yang sudah tinggal terpisah jauh dengan orang tua seperti sedang kuliah atau bekerja di daerah lain juga rentan pengaruh buruk narkoba. Karena itu orang tua harus tetap menjaga komunikasi aktif, mengingatkan agar mereka tidak terjerumus," katanya.

Hal yang sama kembali disampaikan Nasrul Abit saat mengunjungi Masjid Nurul Yaqin Muhammadiyah Pasar Laban Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Minggu malam.

Selain narkoba ia juga mengingatkan penyimpangan seksual yang juga mulai marak menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

"Jangan sampai penyimpangan itu terjadi di lingkungan kita," katanya.

Dalam kunjungan itu tim safari Ramadhan pimpinan Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan berupa uang senilai Rp20 juta dan tiga gulung tikar untuk mesjid tersebut. (*)