Masjid Raya Gantiang Siapkan Program Selama Ramadhan

id Masjid, Raya, Ganting

Padang, (Antara Sumbar) - Masjid Raya Gantiang yang merupakan masjid tertua di Kota Padang, Sumatera Barat, siapkan program selama bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah.

Setiap tahunnya program rutin kami mengadakan Pesantren Ramadhan di masjid ini, kata Pengurus Masjid, Yufikar Yunus di Padang, Kamis.

Selain itu Masjid Gantiang juga akan mengadakan Tadarus (membaca Al Qur'an bersama) selama bulan Ramadhan.

Sekretaris Masjid tersebut menyebutkan Tadarus di Masjid Raya Gantiang juga dipilih Radio Republik Indonesia (RRI) untuk disiarkan saat bulan Puasa.

"Kami belum memastikan tanggalnya namun pihak RRI sudah mengirim surat permintaan tersebut dan menentukan waktunya berkisar tanggal 13 hingga 30 Juni 2016," ujarnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan selama bulan suci Ramadhan warga juga dengan sukarela menyediakan takjil bagi pengunjung yang berbuka di masjid tersebut.

Ia juga menyebutkan sejak berdiri pada tahun 1805 Masjid Raya Ganting masih sering dikunjungi banyak orang terutama dari luar daerah.

"Beberapa waktu yang lalu kami kedatangan pengunjung dari Malaysia," ujarnya.

Ia berharap Masjid Raya Gantiang yang sudah menjadi cagar budaya tersebut lebih diperhatikan pemerintah dalam pelestariannya.

Seorang pengunjung Tiwi (23) mengatakan masjid tersebut perlu dipromosikan dan diperbarui agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat, karena di Padang sendiri tempat ini sekarang kurang dikenal.

"Saya sudah lima tahun di Padang ini pertama kali saya ke sini, katanya masjid ini adalah salah satu masjid terindah dulu," ujarnya. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021