BKD: ASN Masuk Lebih Awal Saat Ramadhan

id BKD

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Asnel menyampaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) masuk kantor lebih awal saat Ramadhan.

"ASN masuk lebih cepat dari hari biasanya yakni pukul 07.00 WIB sudah ambil absen," kata dia di Padang, Kamis.

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi ketentuan dan disepakati. Semakin pagi tentu akan semakin baik, apalagi dalam kondisi berpuasa.

"Nanti pulangnya pukul 14.00 WIB. ASN tentu perlu waktu menyiapkan segala sesuatu untuk berbuka, jadi lebih cepat pula," katanya.

Ia menyampaikan tetap ada pengawasan dari pihaknya terkait jam kerja ASN saat bulan Ramadhan karena berpuasa tidak jadi alasan untuk bermalasan atau lalai.

Terkait ASN yang tidak patuh terhadap aturan itu, termasuk terlambat tentu akan dikenakan sanksi sesuai aturan berlaku.

"Nanti akan diberi sanksi termasuk pemotongan pendapatan," ujarnya.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Kota Padang Faisal Nasir mengapresiasi segala hal positif yang akan diterapkan pada Ramadhan termasuk jam kerja yang dipercepat.

Ia meminta aturan yang telah disepakati dapat benar-benar berjalan dan tiap ASN harus komit.

"Jangan ada perbedaan perlakuan nantinya terhadap ASN tertentu. Sanksi harus sama untuk semua," ujarnya.

Terkait sanksi pemotongan pendapatan, ia mengatakan sanksi itu seharusnya dimulai dari teguran dan lainnya. Jangan sampai ada polemik dengan sanksi yang diberikan.

Selain itu, ia mengimbau tiap ASN sebagian penyelenggara pemerintahan tetap dapat bekerja maksimal saat Ramadhan, termasuk terkait pelayanan publik.

"Jangan sampai berpuasa menjadi alasan pelayanan publik terganggu," tegasnya. (*)