Sumbar Bantu Masjid Rp294 Juta Selama Ramadhan

id Bantu Masjid

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp294 juta untuk membantu 147 masjid dan mushalla di daerah itu dalam program safari Ramadhan 1437 Hijriah.

"Sama dengan tahun sebelumnya, tahun ini Pemprov Sumbar juga membentuk tim safari Ramadhan. Tim ini dibekali bantuan bagi masjid yang dikunjungi total Rp294 juta berikut tikar," kata Kepala Biro Bina Sosial Sekretariat Provinsi Sumbar, Syahril B di Padang, Kamis.

Menurutnya, setiap masjid akan mendapatkan bantuan sebesar Rp20 juta dan tikar.

"Tahun lalu kita beri bantuan uang dan Al Quran. Tahun ini, Al Quran diganti tikar," ujarnya.

Ia mengatakan, selama safari Ramadhan tahun lalu, banyak ditemui masjid dan mushalla yang lebih membutuhkan tikar, karena itu tahun ini bantuan yang diberikan diarahkan pada kebutuhan tersebut.

Disebutkannya, tahun ini Pemprov Sumbar menetapkan 12 tim Safari Ramadhan, yang akan mengunjungi 147 masjid/mushala di Sumbar.

Tim safari Ramadhan itu masing-masing rombongan gubernur, wakil gubernur, ketua DPRD Sumbar, anggota DPRD Sumbar, Danrem 032 Wirabraja, Kapolda Sumbar, Sekdaprov Sumbar dan Rektor Perguruan Tinggi (PT).

Dia mengatakan, tim yang turun nantinya selain menyampaikan informasi pembangunan pada masyarakat, sekaligus menampung aspirasi dari masyarakat. Karena dengan tatap muka langsung bersama masyarakat, akan didapatkan informasi yang lebih akurat.

"Ini bagian membagi informasi bagi masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, untuk iring-iringan kendaraan tim safari Ramadhan nantinya juga tidak akan begitu banyak, untuk menghindari kecelakaan. "Kita berharap tim dapat memaksimal kendaraan yang ada, tidak usah banyak kendaraan,"ujarnya.

Tim juga diharapkan tidak berangkat sekaligus, ada yang berangkat lebih dulu pada daerah tujuan. Nanti tim akan berkumpul di rumah dinas kepala daerah kabupaten/kota yang dituju untuk berbuka bersama, kemudian baru menuju masjid, ujarnya.

Kepala Sub Bagian Pemberitaan Sekretariat Provinsi Sumbar, Fafdli mengatakan safari Ramadhan akan dimulai Minggu (5/6) oleh tim Wakil Gubernur Nasrul Abit yang akan mengunjungi Masjid Raya Koto Baru Muaro Labuh, Kabupaten Solok Selatan.

Rombongan Gubernur Irwan Prayitno menurutnya akan mulai Rabu (8/6) mengunjungi Masjid Al Jadid Koto Panjang Kelurahan Limau Manis Padang.

Terkait safari Ramadhan itu, masyarakat Sumbar berharap tidak ada iring-iringan pejabat yang terlalu panjang, dengan kecepatan kendaraan di atas rata-rata.

"Biasanya, pada sore hari masyarakat ramai di jalanan, mencari takjil untuk berbuka. Iring-iringan pejabat dengan kecepatan tinggi bisa membahayakan atau membuat macet," katanya. (*)