Kodim-Forkompida Padang Pererat Silaturahim

id Kodim-Forkompida, Padang, Silaturahim

Padang, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Padang, Sumatera Barat, menggelar pertemuan dengan tujuan mempererat silaturahi dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) kota setempat di Padang, Selasa.

"Kegiatan ini memang sengaja digelar untuk mempererat silaturahmi antara Forkompida, serta masyarakat. kami menyadari kemajuan daerah akan sulit diciptakan tanpa tanpa komunikasi yang baik," kata Komandan Kodim 0312 Letkol Inf. Efran Herriyanto.

"Bagi kami, komunikasi juga sekaligus berfungsi untuk mewujudkan pembinaan di wilayah hukum Kodim Padang," ujarnya.

Ia menyebutkan beberapa persoalan yang muncul seperti menyebarnya ideologi radikal yang patut diwaspadai, sehingga komunikasi dijadikan upaya penanganannya.

Selain itu, ia juga meminta secara langsung di hadapan Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Padang AKBP Tommy Bambang Irawan, serta 11 Kepala Kepolisian Sektor (Polsek), untuk memberantas peredaran narkoba di daerah itu.

"Kami banyak menerima laporan dari masyarakat tentang penyalahgunaan narkoba, kami harap kepolisian dapat terus meningkatkan penindakan karena barang haram itu dapat merusak generasi muda," tegasnya.

Ia menyatakan bahwa pihak Kodim 0312 Padang berkomitmen untuk menyukseskan dan mendukung program yang direncanakan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Padang.

Sementara untuk Pemkot Padang, ia berharap agar terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Salah satunya adalah menyediakan sanitasi yang baik.

"Ada di Kelurahan Jati, kami menemukan masyarakat yang tidak memiliki jamban, buang air begitu saja di selokan. Kita sama-sama berharap itu tidak ada lagi," katanya.

Sementara untuk pihak Kodim, lanjutnya, pada 2015 telah membantu menyediakan 400 jamban melalui kegiatan bakti masyarakat.

Sementara Wakil Kapolres Padang AKBP Tommy Bambang Irawan, mengatakan pihaknya terus melakukan penindakan serta pemberantasan terhadap narkoba.

"Dalam satu minggu setidaknya tiga kali dilakukan penangkapan, sekitar 80 persen jumlah tahanan yang ada saat ini atas kasus narkoba. Itu tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat untuk aktif melaporkan," katanya.

Ia juga berharap agar pemerintahan di tingkat kecamatan, Polsek, serta Komando Rayon Militer (Koramil) yang di Padang senantiasa menjalin komunikasi yang baik. Karena dinilai sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kodim tersebut. Menurutnya kerjasama semua pihak adalah kunci untuk kemajuan di daerah itu. Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua DPRD Padang Erisman. (*)