Pemkab Solok Gelar Seminar Peningkatan Wawasan Kebangsaan

id Wawasan Kebangsaan, Solok, Kesbangpolimas

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok melalui kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, menggelar seminar dan diskusi peningkatan wawasan kebangsaan, di Arosuka, Kamis.

"Sebagai warga negara yang baik, mengetahui dan menanamkan dalam diri dan menerapkannya pada tingkah laku kita tentang wawasan kebangsaan adalah sesuatu yang mutlak dan merupakan sebuah keharusan bagi kita sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati Gusmal, Kamis.

Ia mengatakan, seminar dan diskusi tentang peningkatan wawasan kebangsaan seperti ini, juga diperlukan dalam rangka menjaga keutuhan negara kita sebagai sebuah bangsa.

Apalagi, katanya, hari ini di tengah masyarakat banyak terjadi perubahan perilaku karena banyaknya pengaruh dari dunia luar.

Ironisnya, kata Gusmal, banyak pula masyarakat yang belum siap menerima perkembangan dunia tersebut.

Akibatnya, kata dia, sebagian pengaruh negatif dari pengaruh dunia luar itu, ternyata banyak mempengaruhi sebagian masyarakat, yang belum siap menerima perkembangan dunia tersebut.

Sebagai contoh, terang Gusmal, darurat narkoba, pelecehan seksual, dan pergaulan bebas yang menjadi trending topic hari ini, membuktikan bahwa kita perlu memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai luhur Pancasila.

"Agar bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang memiliki moral dan menghargai perjuangan di masa lampau untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur damai dan sejahtera," katanya.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Solok, Erizal mengatakan, tujuan seminar dan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan itu untuk memberi pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi yang dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan acara seminar tersebut.

Dengan meningkatkan pengetahuan wawasan kebangsaan kata Erizal mengemukakan, diharapkan kepada generasi muda bisa memahami perannya sebagai generasi penerus bangsa.

"Semangat jiwa muda dan nilai-nilai patriotisme yang ditanamkan generasi muda sejak dini akan menjadi pelopor dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Acara tersebut dihadiri Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Solok, Erizal, Dandim 0309/Solok Letkol Inf Safta Feryansyah, Kapolres AKBP Reh Ngenana, pejabat SKPD setempat dan tamu undangan lainnya. (*)