Pemkab Tanah Datar Latih Pemuda Hadapi MEA

id MEA, Tanah Datar,

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, melatih bagi pemuda daerah itu agar mampu menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kita melatih generasi muda untuk menambah keterampilan sehingga mampu menembus pasar kerja di era MEA saat ini," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar Sri Lestari di Batusangkar, Kamis.

Ia menyebut Kementerian Tenaga Kerja telah menyalurkan sembilan paket pelatihan dan keterampilan bagi pemuda Tanah Datar dengan harapan mampu bersaing dalam menghadapi pasar kerja dan sekaligus menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Dana APBN ini, kita gunakan untuk melatih pemuda berupa menjahit, bordir, mekanik sepeda motor, dan tata boga," kata Sri.

Ia menjelaskan tujuan pelatihan tersebut yang dalam rangka mengentaskan pengangguran yang cukup banyak di Tanah Datar.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnaker Tanah Datar Khairul mengatakan untuk mengurangi angka pengangguran didirikan Balai Latihan Kerja yang definitif dengan gedung berdiri sendiri dan representatif.

"Saat ini, kita sedang giat-giatnya melaksanakan pelatihan bagi pemuda Tanah Datar dengan menggunakan sembilan paket pelatihan," katanya.

Ia mengatakan kurangnya pelatihan keterampilan tenaga kerja asal Tanah Datar selama ini, menjadi penyebab meningkatnya pengangguran.

Khairul mengharapkan dukungan DPRD untuk dapat menyetujui penambahan alokasi dana guna pembangunan gedung di BLK, seperti tempat latihan kerja pada 2017. (*)