Kubu Gulai Bancah Wakili Bukittinggi Lomba Kelurahan Berprestasi

id Kubu Gulai Bancah, Bukittinggi, Kelurahan Berprestasi

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kelurahan Kubu Gulai Bancah di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), dinilai oleh Tim Penilai Provinsi untuk lomba kelurahan berprestasi tingkat provinsi.

"Kelurahan Kubu Gulai Bancah telah ditetapkan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Bukittinggi untuk mewakili daerah tersebut di tingkat provinsi. Penilaian akan dilakukan berdasarkan beberapa kelompok," kata Ketua Tim Penilai Lomba, Syafrizal di Bukittinggi, Selasa.

Ia menambahkan, kriteria penilaian kelurahan berprestasi dibagi dalam tiga kelompok.

Ketiga kelompok penilaian tersebut yakni pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang dibagi pula dalam tiga kategori yakni pendidikan, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Kami berharap, dengan adanya penilaian ini dapat mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun daerah," ujarnya.

Sementara, Lurah Kubu Gulai Bancah, Indra Heldi mengatakan, lomba tersebut baru yang pertama kali diikuti oleh kelurahan tersebut sehingga masyarakat sangat antusias untuk turut serta bersiap menghadapi penilaian.

"Masyarakat sangat antusias atas dipilihnya Kelurahan Kubu Gulai Bancah untuk mewakili Bukittinggi, dapat dilihat dari aplikasi di lapangan kerjasama kelurahan, masyarakat, kader, RT dan RW serta LPM dalam mempersiapkan persyaratan untuk penilaian," jelasnya.

Ia menyebutkan, persiapan telah dilakukan sejak tiga bulan lalu mulai dari persiapan lapangan, administrasi dan penyatuan pandangan masyarakat terkait tujuan keikutsertaan kelurahan tersebut dalam lomba itu.

"Kelurahan Kubu Gulai Bancah punya banyak potensi. Misal di bidang pendidikan, terdapat fasilitas pendidikan mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi," tambahnya.

Di bidang lainnya, kehidupan beragama juga sangat berkembang didukung oleh adanya majelis taklim dan lembaga pendidikan agama, lalu bidang kesehatan dengan fasilitas puskeskel dan puskesmas kelurahan serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang direncanakan di bangun di daerah itu.

"Dengan adanya penilaian ini, ke depan kami berharap dan berupaya agar semua potensi yang ada dapat bermanfaat bagi masyarakat dan disertai pendampingan dari pemerintah kota," katanya. (*)