SMPN 1 Painan Siapkan Diri untuk FLS2N

id FLS2N, SMPN 1 Painan

Painan, (Antara Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2016.

Kepala SMP Negeri 1 Painan, Nasirwan di Painan, Selasa, mengatakan, FLS2N akan dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Pada festival tersebut SMP Negeri 1 Painan akan menampilkan berbagai ragam seni seperti musik kreasi, vokal, solo song, puisi, cerita pendek dan melukis.

"Pada FLS2N nanti SMP Negeri 1 Painan akan melibatkan sebanyak 14 siswa. Mereka adalah siswa yang tergabung dalam Sanggar Nan Gombang binaan SMP N 1 Painan, " tambahnya.

FLS2N bertujuan untuk memberikan kesempatan pada siswa dalam berkompetisi secara positif dan menumbuhkan kebanggaan pada bakat yang ditekuni siswa serta bagi sekolah dan daerah.

Melalui FLS2N para siswa yang menjadi peserta akan berkompetisi sesuai cabang yang dilombakan. Pada FLS2N 2016 diharapkan SMP N 1 Painan dapat melaju hingga tingkat nasional.

Ia menyebutkan, Sanggar Nan Gombang telah berdiri sejak beberapa tahun lalu dan telah melahirkan pelaku-pelaku seni yang berprestasi. Sanggar tersebut sering tampil pada event-event tingkat nasional, bahkan internasional dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

"SMP Negeri 1 Painan melalui Sanggar Nan Gombang sudah dikenal oleh banyak orang. Sanggar dibawah asuhan Ellya Ridanti ini (Guru SMP N 1 Painan) memiliki ciri khas tersendiri dan banyak melahirkan tari-tari kreasi yang menarik, " ungkapnya.

Menurutnya, pihak sekolah terus melakukan pembinaan terhadap sanggar tersebut agar tetap eksis dan berkontribusi terhadap pelestarian seni budaya serta meningkatkan kreativitas siswa khususnya bagi SMP Negeri 1 Painan.

Pengasuh Sanggar Nan Gombang SMP Negeri 1 Painan, Ellya Ridanti mengatakan, ia akan terus berupaya membawa Sanggar Nan Gombang maju dan tidak akan pernah lelah melatih anak-anak (anggota Sanggar Nan Gombang) dalam mempersiapkan diri ke berbagai event.

Ia menyebutkan, dukungan dari para orang tua juga menjadi pemicu semangat dalam setiap kali tampil, tidak saja pada FLS2N nanti, tetapi diberbagai even lainnya. (*)