Rektor Unand Dukung Kemajuan UMKM Sumbar

id Rektor Unand

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Andalas (Unand)Padang, Sumatera Barat, Prof Tafdil Husni mendukung kemajuan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) di provinsi tersebut.

"UMKM dan IMKM memiliki banyak keuntungan sehingga perlu diperkuat pengembangannya," kata dia di Padang, Kamis.

Menurutnya UMKM dapat menghasilkan lapangan kerja karena menyerap tenaga kerja.

Hal ini penting untuk menampung banyak tenaga dan sumber daya yang tidak memiliki pekerjaan.

Disamping itu UMKM yang konsisten akan memberikan keuntungan daerah, dengan catatan dalam jumlah banyak dan pajak dibayarkan secara keseluruhan.

"Untuk itu pembinaan terhadap UMKM dan pembaruan atau inovasi jenis usaha baru harus terus dilakukan pemerintah," ujar dia.

Selain pembinaan pemerintah juga perlu membuka kesempatan seluas-luasnya dalam memberikan kredit dengan kriteria ringan pembayaran dan ringan bunganya.

Sehingga biaya produksinya pun murah dan dapat bersaing dengan luar negeri.

"Paling penting yakni mendorong masyarakat untuk membuka usaha dan menghasilkan produk baru atau khas daerah yang berdaya saing," tambahnya.

Menurutnya, menghadapi era globalisasi saat ini produk baru dan khas daerah menjadi suatu yang dicari di pasaran.

"Sebab menghadapi persaingan produk luar negeri semisal Tiongkok, menampilkan produk khas dan berbeda akan dicari konsumen," katanya.

Senada dengan itu Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumbar, Asnawi Bahar menilai salah satu peluang bagi Sumbar memperkuat UMKM yakni dalam bidang pariwisata.

"Akan tetapi bukan sektor jasa yang diprioritaskan sebab keuntungannya tidak terlalu banyak," tambahnya.