Dishubkominfo Mentawai Sosialisasikan Tujuh Lokasi "Wifi.Id"

id Dishubkominfo Mentawai

Mentawai, (Antara Sumbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat menggelar sosialisasi adanya tujuh lokasi wifi.Id, atau pusat untuk mengakses layanan internet di daerah tersebut.

"Sosilisasi ini kami adakan untuk memberi tahu kepada masyarakat khususnya pelajar, bahwa di Mentawai, atau tepatnya di Tuapejat sudah tersedia spot wifi.Id," kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Mentawai, Beni Sinaga di Tuapejat, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk tahap awal ini tujuh lokasi Wifi.ID tersebut masih tersebar di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, sementara untuk tiga pulau besar lainnya masih dalam proses bersama pihak Telkom Sumbar.

Beni mengatakan, tersedianya tujuh lokasi wifi.Id tersebut merupakan bentuk kerja sama Pemkab Mentawai dengan Telkom sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet kecepatan tinggi.

Ia mengaku pihaknya masih terus berupaya menggenjot penambahan atau perluasan lokasi wifi.Id Corner di berbagai tempat, khususnya lokasi yang mempunyai jaringan fiber optik.

Dalam menyosialisasikan penggunaan wifi.Id itu, pihak Dishubkominfo Mentawai masuk ke sekolah-sekolah yang ada di daerah tersebut, sekaligus menyerahkan voucher wifi.id secara gratis.

"Selain melakukan sosialisasi, kami juga memberikan pemahaman kepada pelajar bagaimana cara bermain internet yang sehat dan memberikan dampak positif terhadap penggunanya," katanya.

Terkait dengan ketersedian voucher wifi.Id di daerah itu, Beni mengungkapkan bagi masyarakat yang memerlukannya dapat dibeli di kantor Dishubkominfo atau di kantor Telkom cabang Mentawai.

Siswa kelas dua SMA 2 Sipora, Endah mengaku bersyukur di daerahnya sudah ada lokasi wifi.iD yang bisa dimanfaatkan untuk bermain internet dengan baik dan bisa mengakses informasi untuk pembelajaran.

"Kalau bisa pihak Dishubkominfo dan Telkom lebih memperbanyak lokasinya dan mudah diakses," katanya. (*)