Fakultas Keperawatan Unand Rayakan Hari Jadi Ke-17

id Unand, Fakultas Keperawatan

Padang, (AntaraSumbar) - Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (Unand) Padang, merayakan hari jadi berdirinya yang ke 17 dalam Rapat Senat Luar Biasa yang digelar Senin.

"Rapat senat ini menjadi puncak acara Dies Natalis atau ulang tahun Keperawatan setelah berbagai kegiatan telah mendukung selama sebulan ke belakang," kata Dekan Fakultas Keperawatan Unand, Prof Rizanda Machmud di Padang.

Dia menyebutkan sebelum rapat senat ini telah ada kegiatan seperti pengabdian masyarakat, festival kesenian dan kegiatan lain yang melibatkan civitas akademika Keperawatan.

Khusus dalam rapat senat ini ditampilkan orasi ilmiah yang berjudul Membangun Karakteristik Pemimpin Keperawatan Indonesia Yang Futuristik Sebagai Langkah Menghadapi Tantangan Global.

Makna dari orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr Yulastri Arif ini bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan dalam bidang keperawatan agar dapat berperan lebih aktif dalam menentukan kebijakan dalam dunia kesehatan.

"Saat ini menjadi langkah awal Fakultas Keperawatan di bawah manajemen baru dan pimpinan universitas baru untuk meraih berbagai pencapaian prestasi," tambahnya.

Sementara itu dalam Orasi Ilmiahnya Dr Yulastri menyampaikan bahwa profesi keperawatan dihadapkan pada berbagai peluang dan tantangan baik tantangan yang berasal dari internal maupun tantangan eksternal.

Tantangan internal berupa tuntutan terhadap pengembangan ilmu keperawatan, pelayanan dan asuhan keperawatan, praktek keperawatan serta jenjang karir perawat di pelayanan.

Sedangkan tantangan yang berasal dari eksternal berupa akan adanya registrasi, lisensi, sertifikasi serta implementasi Undang-undang nomor 38 tahun 2014, tuntutan kompetensi dan perubahan pola penyakit, peningkatan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban serta perubahan kebijakan pemerintah yang mengarah pada globalisasi. (*)