Gempa 5,3 SR Terjadi di Lampung

id Gempa, Lampung

Ilustrasi. Seorang petugas BMKG tengah memantau perkembangan gempa melalui layar monitor yang menampilkan citra satelit. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) terjadi di Tanggamus, Lampung, dan tidak menyebabkan kerusakan maupun korban jiwa.

Gempa yang terjadi pada hari Kamis pukul 09.04 WIB di 132 kilometer barat daya Tanggamus Lampung itu berada di kedalaman 10 kilometer.

"Pusat gempa berada di Samudra Hindia dan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Indonesia Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, gempa dirasakan lemas selama 5 detik di Kabupaten Tanggamus yang memiliki penduduk sekitar 536 ribu jiwa.

"Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut," tambah Sutopo.

Bagian selatan Kabupaten Tanggamus langsung berbatasan dengan Samudra Hindia. Namun, topografi wilayah tersebut sebagian berupa daerah berbukit dan bergunung.

Pada hari Senin (2/5), wilayah ini juga diguncang gempat berkekuatan 5,8 SR dan dirasakan hingga Banten.

Tanggamus kerap diguncang gempat karena lokasinya berdekatan dengan zona subduksi lempeng dan dilintasi zona sesar Sumatera. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar