Distan Padang Panjang Vaksinasi Hewan Peliharaan

id Distan Padang Panjang

Padang Panjang,(Antara) - Dinas Pertanian (Distan) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memberikan vaksinasi kepada 1.300 hewan peliharaan yang ada di daerah itu untuk mencegah kasus penyakit rabies.

"Vaksinasi akan memberikan perlindungan kepada hewan peliharaan masyarakat, dalam penyebaran penyakit rabies," kata Kepala Dinas Pertanian Padang Panjang, Ade Navita di Padang Panjang, Rabu.

Ia menyebutkan, dalam memberikan vaksinasi itu pihaknya menurunkan 12 orang tenaga yang terbagi dalam empat tim. "Satu tim berjumlah sebanyak 3 orang," ujarnya.

Pemberian vaskinasi itu, tambahnya, dilaksanakan dua kali setahun untuk daerah itu. "Sasaran utama hewan peliharaan masyarakat terdiri dari kucing, anjing dan kera," sebutnya.

Selain memberikan vaksinasi, tim dari Dinas Pertanian juga memberikan penyuluhan seputar vaksinasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Setelah divaksinasi, maka hewan itu akan diberi tanda spesifik oleh petugas, untuk mengetahui dampak dari vaksinasi yang sudah diberikan tersebut.

"Setelah dua bulan diberi vaksinasi, maka kami akan mengambil sample darah hewan itu untuk memastikan anti bodinya, jika belum maka akan dilaksanakan vaksinasi kembali pada tahap kedua," lanjutnya.

Masyarakat Padang Panjang, Rafles menyambut baik pemberian vaksinasi kepada hewan peliharaan untuk menghindari penyebaran penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan binatang peliharaan.

"Upaya yang baik itu harus didukung, sehingga kasus penyakit rabies bisa ditekan di Padang Panjang ini," lanjutnya.

Padang Panjang sendiri pada 2016 ini memiliki 35 kasus gigitan hewan penyebab penyakit rabies, namun seluruhnya masih negatif. (*)