Dua SMPN di Agam Laksanakan UNBK

id UNBK, SMPN, Agam

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Sebanyak dua Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Agam siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 9 sampai 12 Mei 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agam, Fauzir di Lubuk Basung, Senin, mengatakan kedua sekolah itu yakni, SMPN 1 Tanjung Raya dengan jumlah siswa 125 orang dan SMPN 2 Sungai Pua sebanyak 48 orang.

"Sekolah ini siap melaksanakan UNBK, karena telah memiliki komputer yang memadai untuk pelaksanaan nantinya. Ini berdasarkan hasil kunjungan ke sekolah itu beberapa hari lalu," tambahnya.

Agar UNBK berjalan dengan baik, pihaknya menyurati manajer PLN agar tidak memadamkan listrik di lokasi tempat berlangsungnya UNBK.

Selain itu, pihak sekolah juga menyiapkan genset agar UNBK tidak tergangu saat listrik padam.

Ia menambahkan UN berbasis komputer tingkat SMP ini merupakan yang pertama dilaksanakan.

Sebelumnya delapan sekolah penyelengaran UNBK tingkat SMA dan SMK. Ke delapan sekolah itu yakni, SMAN Candung, SMKN 1 Tanjung Raya, SMKN 1 Lubuk Basung, SMKN 2 Lubuk Basung, SMKN 1 Tilatang Kamang, SMKN 1 Baso dan SMK Plus Perbankan.

Ia menyebutkan UN tingkat SMP dan MTs diikuti sebanyak 8.654 peserta yang berasal dari tingkat SMP sebanyak 5.100 siswa dari 63 unit sekolah dan MTs sebanyak 3.554 siswa dari 58 unit sekolah.

Para peserta ini akan mengikuti UN di 80 sekolah penyelenggara dengan rincian sebanyak 56 unit SMP dengan ruang belajar 281 unit dan sebanyak 24 unit MTs dengan ruangan belajar 206 unit.

"Kami menyiapkan 968 orang guru untuk mengawasi pelaksanaan UN. Mereka ini merupakan utusan dari 121 unit sekolah," lanjutnya.

Manajer PT PLN Rayon Lubuk Basung, Monli Arsyi mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan pemadaman saat berlangsungnya UNBK.

"Ini bertujuan agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik dan lancar sehingga tidak mengganggu pelaksanaan ujian nantinya," ujarnya. (*)