Film Indonesia Menang di "Global" New York

id Film Indonesia

London, (Antara) - Dunia perfilman Indonesia berbangga dengan terpilihnya film pendek karya anak bangsa berjudul "05:55" sebagai salah satu pemenang dalam Global Short Film Awards yang diadakan di New York, akhir pekan.

Film pendek berjudul 05:55 karya Komunitas Film Independen Yogyakarta "Montase" tampil sebagai pemenang dalam kategori GSF 2016 Awards Best Cinematography, demikian Acting Consul General Konjen New York, Benny YP Siahaan kepada Antara London, Senin.

Karya Tiara Kristiningtyas dan Mohammad Azri ini bercerita tentang saat-saat sebelum terjadinya gempa Yogyakarta 2006 yang meluluhlantakkan hampir sebagian besar bangunan di Yogyakarta dan sekitarnya serta menelan ribuan korban jiwa.

Film yang sudah beberapa kali menang di berbagai festival film di tanah air ini, ditampilkan dengan format hitam putih dan tanpa dialog sama sekali. Namun, berbagai sudut pengambilan gambar mampu merekam kuat potret keseharian masyarakat Yogyakarta yang berubah 160 derajat ketika gempa memporakporandakan sendi-sendi kehidupan mereka. Kekuatan sinematografi film ini mampu mengalahkan finalis dari 56 negara lain.

Global Short Film Awards 2016 yang dilaksanakan di Bow Tie Chelsea Cinemas - 260 West 23rd Street, New York, dihadiri pengunjung warga lokal pecinta film, serta perwakilan KJRI New York sebagai bentuk dukungan terhadap Sineas Indonesia. Berbagai tanggapan positif datang dari para pengunjung.

Para pemenang Global Short Film Awards 2016 New York dari berbagai kategori ini akan diundang dalam Cannes Film Festival 2016, 21 Mei 2016 di Cannes dan secara resmi akan dilakukan official awards presentation serta menghadiri berbagai gala dinner. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar