Baznas Bukittinggi Himpun Zakat Rp697juta Selama 2016

id Baznas Bukittinggi

Bukittinggi, (Antara) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), telah menghimpun zakat sebesar Rp697 juta sejak 1 Januari hingga 25 April 2016.

"Zakat yang sudah terkumpul tersebut berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disetorkan setiap bulan, dari pengusaha dan orang pribadi lainnya yang mengantar langsung ke Kantor Baznas Bukittinggi," kata Ketua Baznas Bukittinggi, Rahman R di Bukittinggi, Selasa.

Ia menambahkan dana yang telah terhimpun tersebut telah disalurkan sejak Januari hingga Maret 2016, sementara penyaluran pada April 2016 akan dilakukan pada Rabu (27/4).

Penyaluran pada Januari hingga Maret 2016 dilakukan melalui tiga dari lima program Baznas Bukittinggi, yakni program Bukittinggi Cerdas, Bukittnggi Sehat dan Bukittinggi Peduli.

"Penyaluran lebih banyak dilakukan pada program Bukittinggi Cerdas, yaitu kepada sebanyak 1.910 mustahik dengan total mencapai Rp580 juta. Artinya, sebanyak 1.910 siswa yang orang tuanya kurang mampu, telah menerima bantuan beasiswa," jelasnya.

Sementara untuk program Bukittinggi Sehat, telah disalurkan sebesar Rp12 juta bagi lima orang mustahik yang di antaranya dalam kondisi dirawat di rumah sakit namun tidak memiliki dana untuk biaya perawatan dan yang dirawat di rumah namun tidak cukup biaya untuk pengobatan.

Sedangkan melalui program Bukittinggi Peduli, diberikan kepada dua kepala keluarga berupa bantuan masing-masing Rp5 juta karena mengalami musibah kebakaran dan longsor.

"Setiap tahun zakat tersebut disalurkan pada 4.000 lebih mustahik. Target tahun ini penerimanya sebanyak 4.640 mustahik," lanjutnya.

Ia menyebutkan tahun ini Baznas menargetkan dapat menghimpun Rp2,5 miliar zakat dan optimis jumlah tersebut dapat tercapai karena masyarakat setempat sudah memiliki kesadaran untuk membayar zakat. (*)