6.738 Keluarga Miskin Pasaman Terima Bantuan PKH

id Keluarga Miskin Pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara) - Sebanyak 6.738 keluarga kurang mampu di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kmensos) RI, Selasa (26/4).

Asisten III Sekretariat Kabupaten Pasaman, Asnil M, di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan PKH ini merupakan bentuk perlindungan sosial dari pemerintah untuk membantu keluarga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan mereka.

"Tujuan dari bantuan ini untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri," katanya.

Ia berharap dengan adanya program PKH ini dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan penerima manfaat dari program tersebut.

"Jumlah bantuan yang diterima masing-masing penerima manfaat berbeda-beda, sesuai dengan jumlah anak dalam keluarga itu," katanya.

Ia berharap kepada para penerima manfaat dari PKH tersebut untuk dapat menggunakan bantuan sesuai dengan peruntukannya.

"Gunakan bantuan dari Kemensos ini dengan baik agar bantuan yang diberikan pemerintah benar-benar bermanfaat sebagaimana mestinya. Sehingga ini bisa meringankan beban warga yang memang benar-benar membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Pasaman, M. Fauzi mengatakan bantuan PKH bagi keluarga mampu untuk tahun 2016 ini berjumlah Rp6,8 miliar yang dibagikan melalui PT. Pos Indonesia cabang Lubuk Sikaping.

"Batuan yang disalurkan per triwulan itu bervariasi mulai dari Rp612.500 sampai Rp1.350.000 per keluarga penerima manfaat dalam setahun," ujarnya.

Salah seorang penerima manfaat dari bantuan PKH, Rosni warga Lubuk Sikaping, mengatakan merasa bersyukur dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini.

"Saya akan manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan dan kesehatan anak-anak saya," katanya. (*)