Peringati Hari Kartini Facebook-Iwapi Luncurkan #SheMeansBusiness

id Hari Kartini, Iwapi, Facebook

Jakarta, (AntaraSumbar) - Facebook dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia menjalin kerja sama untuk mengembangkan usaha para perempuan pengusaha yang tergabung dalam organisasi itu dengan meluncurkan program #SheMeansBusiness.

Kerja sama tersebut diluncurkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Kamis, seiring dengan peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April.

Dengan kerja sama tersebut nantinya Facebook akan menyediakan halaman khusus bagi para perempuan pengusaha UKM yang tergabung dalam IWAPI untuk mempromosikan berbagai produknya.

Untuk itu, menurut Kepala Inisiatif Pertumbuhan Ekonomi Asia Pasifik Facebook Clair Deevy dalam konperensi pers, pihaknya akan menyediakan pelatihan agar dapat membuat pages di facebook dengan baik. Tidak hanya itu pelatihan juga bermaterikan pengenalan produk, mempromosikan produk, dan mengenali konsumen.

"Kita ingin menghubungkan mereka dengan pengetahuan, keahlian, koneksi dan teknologi yang dibutuhkan untuk membuat dan mengembangkan bisnis mereka secara online," katanya.

Ia menilai perempuan pengusaha di Indonesia merupakan sosok yang luar biasa memiliki ketekunan dan keuletan dalam bekerja yang menjadi modal dasar yang penting.

Dalam catatan facebook, terdapat 50 juta UKM di seluruh dunia yang memiliki pages di facebook.

Ketua Umum IWAPI Nita Yudi mengatakan, dengan program ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang pada akhirnya akan berdampak pula pada kesejahteraan keluarga.

Ia mengatakan, anggota IWAPI saat ini mencapai 30 ribu lebih perempuan pengusaha yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

"Sekiatr 85 persen di antaranya merupakan pengusaha mikro dan kecil, 13 persen menengah dan sisanya pengusaha besar," katanya.

Sementara pengusaha UKM di Indonesia mencapai 49,9 juta orang dengan 60 persen diantaranya wanita.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung upaya penggunaan teknologi dan informatika untuk meningkatkan kesejahteraan terutama bagi kalangan wanita.

Hal ini sesuai dengan tema Hari Kartini yang diperingati di Kementerian Komunikasi dan Informatika 2016, pemanfaatan teknologi informasi, dan komunikasi bagi wanita.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Niken Widiastuti mengatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong munculnya ekonomi baru yang lebih ramah dengan wanita.

Meski tetap berada di rumah, para wanita dapat melakukan berbagai aktifitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi TIK.

"Dengan TIK mempermudah bagi perempuan untuk memberdayakan diri, meningkatkan ekonomi, memperbaiki kesejahteraan keluarga dan pada akhirnya juga dapat menginspirasi masyarakat," katanya.

Sementara itu, di Kementetian Komunikasi dan Informatika Hari Kartini diperingati dengan menggelar bazar, talkshow dan lomba busana nusantara. Selain itu tampak pula sejumlah pegawai yang mengenakan pakaian tradisional. (*)