Atlet Putri Jatim Juarai Lead Perorangan

id Kejurnas Panjat Tebing

Sawahlunto, (Antara) - Pemanjat tebing Team Makalu Outdoor Gresik, Jawa Timur (Jatim), Betti Nawafatus Yoga Nita, menjuarai kategori Lead Perorangan Putri pada Kejurnas Panjat Tebing di Kota Sawahlunto, Sumbar, Kamis.

"Yang bersangkutan unggul dengan selisih poin tipis dari pemanjat dari Team Rocknation Bekasi, Jawa Barat, Khairunnisa yang meraih total nilai 33 pada babak final untuk kategori tersebut," kata Ketua Seksi Perlombaan Kejurnas tersebut, Roynaldo, di Sawahlunto, Kamis.

Untuk juara ketiga, lanjutnya, diraih oleh pemanjat tebing utusan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bangka Belitung, Farina Handayani, disusul pemanjat tebing dari FPTI Riau, Nita Seprida.

Sementara untuk peringkat kelima diraih oleh pemanjat asal Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Chelsy.

"Pada babak semifinal, pemanjat asal Bangka Belitung, Farina Handayani, sempat memimpin perolehan nilai untuk kategori itu namun ia gagal mempertahankan perolehannya pada babak final," kata dia.

Dia mengatakan, untuk pertandingan berikutnya panitia akan melaksanakan babak final kategori Lead perorangan Putra yang akan diikuti oleh delapan pemanjat peraih nilai tertinggi pada babak sebelumnya.

Delapan pemanjat tersebut adalah Ardiles, utusan FPTI Kota Bukittinggi, Sumbar, Bayu Paracella dari Team Sector 30 Kabupaten Kukar, Kaltim, Feri Febriato dari FPTI Indragiri Hulu, Riau, M Syafi'i dari FPTI Padang Pariaman, Sumbar.

"Selanjutnya Azkar Bakti Manggala dari FPTI Kabupaten Bekasi, Jabar, Yosua Laskaman Z, dari Team Rocknation Bekasi, Jabar, M Aznel Rizky, dari FPTI Riau dan Rendi Fitra Akbar dari FPTI Kota Bukittinggi, Sumbar," jelasnya.

Sekitar 200 lebih pemanjat tebing dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Kejurnas Panjat Tebing Wall Climbing Silo 10.000 di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, 20 - 23 April 2016.

Para atlet tersebut, lanjutnya, akan turun di berbagai kelas yang diperlombakan seperti kelas Lead dan Spider Speed Putra dan Putri, serta kelas paling bergengsi yakni Speed Classic Ekstreme Silo 10.000 dengan menghadirkan dinding panjat tertinggi di dunia, yakni bangunan Silo setinggi 40 meter. (*)