Kodim Agam Gandeng LKAAM Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

id Kodim Agam Gandeng LKAAM

Lubuk Basung, (Antara) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam, Sumatera Barat, menggandeng Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) setempat, untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

"Ini untuk menyelamatkan generasi muda dari perbuatan yang tidak diinginkan seperti terjerumus kepada paham radikalisme," kata Dandim 0304 Agam, Letkol Arh Candy Cristian Riantory saat menandatangani nota kesepahaman dengan Ketua LKAAM Agam Yul Arnis di Lubuk Basung, Selasa.

Ia mengatakan latar belakang dilakukan kerjasama ini karena banyak ancaman bagi generasi muda sehingga stabilitas nasional terganggu.

Selain itu generasi muda yang lahir pada era tahun 2000 tidak mengetahui pancasila dan sejarahnya dengan cukup dalam.

Sehingga pihaknya merasa perlu membuat program peningkatan wawasan kebangsaan mulai dari tingkat SD sampai ke perguruan tinggi.

"Bagaimana wawasan kebangsaan ini ditingkatkan, sehingga mereka tidak bergabung pada kelompok radikalisme, teroris dan lainnya. Untuk mewujudkan ini, diharapkan peran ninik mamak," kataya.

Ketua LKAAM Agam, Yul Arnis menyambut baik kerjasama ini untuk menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari gangguan pihak lain.

"NKRI ini harga mati dan kami siap menindaklanjuti program ini, sehingga generasi muda tidak terjerumus pada kelompok radikalisme dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trianda Farhan Satria menambahkan, peningkatan wawasan kebangsaan ini merupakan tangung jawab bersama.

"Ini merupakan virus yang akan menular kepada generasi muda. Sebelum virus ini menular, mari kita membentengai mereka dengan agama, adat dan pengetahuan lainnya," katanya. (*)