Serapan Anggaran Bukittinggi 2015 Hanya 84,44 persen

id LKPJ 2015, Bukittinggi, Serapan Anggaran

Bukittinggi, (AntaraSumbar) - Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2015 dalam paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat, Rabu.

Dalam penyampaiannya, ia menyebutkan serapan anggaran daerah itu pada 2015 hanya 84,44 persen atau sebesar Rp579 miliar dari Rp686 miliar dana yang dialokasikan.

"Untuk capaian kinerja, secara umum dapat dikatakan cukup memenuhi target. Meski demikian masih ada beberapa masalah yang dihadapi terkait pengelolaan dana alokasi khusus, masalah gagal tender, keterbatasan lahan terkait tata ruang serta dilakukannya efisiensi anggaran," ujarnya.

Selama 2015, menurutnya beberapa masalah kota juga dapat diminimalisasi melalui perbaikan drainase, pemeliharaan dan perbaikan jalan yang terus dilakukan secara bertahap.

Sedangkan pendapatan daerah yang ditarget sebesar Rp611 miliar realisasinya sebesar Rp593 miliar atau 97,09 persen yang terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah.

"PAD pada 2015 sebesar 104,9 persen atau mencapai Rp66 miliar. Pendapatan itu melebihi yang ditargetkan sebesar Rp63 miliar," katanya.

Meski demikian, untuk ke depan tetap harus ditingkatkan karena masih ada potensi sumber PAD yang perlu dibenahi.

Sementara Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial mengatakan disampaikannya LKPJ tersebut merupakan bentuk kemitraan antara DPRD dan pemkot setempat.

"Selanjutnya akan dilakukan evaluasi yang akan dituangkan dalam bentuk rekomendasi DPRD terhadap LKPJ tersebut," tambahnya.

Anggota Badan Anggaran DPRD, M. Nur Idris menilai, selisih lebih perhitungan anggaran (silpa) yang mencapai Rp107 miliar pada 2015 itu masih cukup tinggi.

"Realisasi belanja daerah tahun 2015 sangat rendah, karena beberapa faktor seperti sumber daya manusia perencana anggaran di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masih bergerak lamban sehingga sisa anggaran menjadi besar. Bahkan perkiraan saya bisa mencapai lebih dari angka tersebut," sebutnya.

Namun demikian, ia mengatakan, secara pasti hal tersebut nantinya akan disampaikan dalam rekomendasi DPRD atas LKPJ Wali Kota Tahun 2015 tersebut. (cpw)